Kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Kota Malang) / Faisah Tri Nur Asih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Kota Malang) / Faisah Tri Nur Asih

Asih, Faisah Tri Nur (2020) Kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Kota Malang) / Faisah Tri Nur Asih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faisah Tri Nur Asih. 2020. Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Karakter (Studi kasus di MI Khadijah Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. H Ibrahim Bafadal M.Pd dan (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Kata Kunci Kerjasama Sekolah dan Orang Tua Karakter Pendidikan merupakan faktor utama dan terpenting dalam kemajuan suatu bangsa karena pendidikan sangat berperan besar dalam pembangunan suatu bangsa antara lain dalam pembentukan wawasan kebangsaan pertumbuhan ekonomi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penyiapan tenaga kerja serta peningkatan etika dan moralitas. Karakter setiap individu harus terbentuk mulai sejak dini karena mempengaruhi kepribadian setiap individu yang baik sehingga melahirkan generasi bangsa yang berkarakter. Fokus umum penelitian ini adalah kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter. Secara khusus fokus penelitian diarahkan pada empat hal berikut (1) karakter yang diinternalisasikan sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter (2) program kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter (3) peran orang tua dan pendidik dalam penyelenggaraan pendidikan karakter dan (4) forum kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengacu pada studi kasus. Penelitian ini menekankan pada penyelenggaraan pendidikan karakter yang bekerjasama dengan sekolah dan orang tua di MI Khadijah Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam observasi partisipan dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi pengecekan anggota meningkatkan ketekunan dan pemeriksaan data. Analisis data dilakukan melalui reduksi data display data dan kemudian verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan ada empat rumusan meliputi Pertama karakter yang diinternalisasikan sekolah yang bekerjasama sekolah dan orang tua meliputi karakter religius yang diterapkan dengan kegiatan sholat sunnah sholat wajib dzuhur dan asar secara berjamaah mengaji dengan menggunakan metode AL-Hikmah lulusan dari MI Khadijah Kota Malang diharapkan dapat menghafal Juz 30 dan yang terakhir adalah berdoa dengan membiasakan anak sebelum dan sesudah melakukan kegiatan apapun dibiasakan untuk berdoa. Kedua program yang bekerjasama dengan sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter ada beberapa program yang bekerjasama yaitu program outbond dan outingclass program buku KOBINRI (Kontak Bina Mandiri) melalui buku penghubung orang tua dan guru yang ada di sekolah dapat membuat kerjasama dalam meningkatkan pendidikan karakter program GMS (Gerakan Makan Sehat) program PHBI dan PHBN di sekolah rutin mengadakan kegiatan untuk memperingati hari besar dengan mengadakan lomba yang nantinya juga diikuti oleh orang tua siswa dan yang terakhir program pengajian rutin dan parentingday pengarahan mengenai pola atau cara mendidik anak sekolah agar orang tua mengetahui pola asuh anak yang benar terutama dalam membentuk karakter siswa. Ketiga peran orang tua dan pendidik dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah meliputi rapat yang rutin dilakukan oleh sekolah dan orang tua dalam mengembangkan pendidikan karakter orang tua juga berperan untuk mengawasi segala tindakan yang dilakukan oleh anak melalui buku monitoring siswa (KOBINRI) dan orang tua juga harus selalu harus melakukan pertemuan personal baik dengan kepala sekolah maupun wali kelas untuk mengkomunikasikan karakter peserta didik dan untuk peran pendidik sebagai teladan untuk siswa di sekolah pembiasaan yang dilakukan melalui ucapan dan tindakan guru otomatis akan ditiru oleh siswa jadi guru sebagai teladan yang baik harus dapat memberi contoh. Yang kedua yaitu berperan untuk selalu memberi motivasi kepada siswa agar nantinya siswa akan merasa senang dan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang baik dan yang terakhir adalah sebagai pengawas dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan karakter yang ada di sekolah hal ini bekerjasama dengan orang tua. Keempat forum yang ada di MI Khadijah Kota Malang yaitu ada POS (Paguyuban orang tua siswa) dan MM (majelis madrasah) peran dalam penyelenggaraan pendidikan karakter dengan adanya forum yang dibentuk sekolah maka dapat mendukung dan memberi masukan terhadap penyelenggaraan pendidikan karakter mulai dari perencanaan program sampai pelaksanaan program hal ini diharapkan penyelenggaraan pendidikan karakter dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diberikan saran kepada tujuh pihak yaitu (1) Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang diharapkan selalu memberi dukungan kepada sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter selain itu juga diharpakan sering melakukan sosialisasi pentingnya melakukan kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan karakter agar nantinya sekolah dan orang tua dapat menjalin hubungan yang baik (2) Kepala Sekolah MI Khadijah Kota Malang diharapkan agar selalu menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa agar nantinya dalam penyelenggaraan pendidikan karakter siswa dapat berjalan berkesinambungan antara sekolah dan orang tua (3) Guru MI Khadijah Kota Malang Sebagai seorang pendidik juga diharapkan dapat menjadi teladan memberi motivasi dan selalu mengawasi siswa agar karakter siswa terbentuk dengan baik (4) orang tua siswa MI Khadijah Kota Malang dalam hal ini menjadi pihak yang paling penting maka diharapkan agar selalu menjalin hubungan baik dengan sekolah agar karakter siswa dapat terbentuk dengan baik orang tua bisa sering melakukan komunikasi dengan sekolah agar nantinya hubungan dapat terjalin lebih erat sehingga pendidikan karakter dapat diinternalisasikan dengan baik (5) Peserta Didik diharapkan karakter peserta didik dapat terbentuk sesuai dengan yang diharapkan oleh sekolah dan orang tua melalui pembiasaan dan program yang sudah dibentuk (6) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi tema penelitian bagi mahasiswa jurusan administrasi pendidikan yang berkaitan dengan kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter (7) Peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi kajian masukan dan pertimbangan bagi peneliti lain sebagai acuan menyusun skripsi atau kaya tulis lain serta untuk melanjutkan penelitian yang belum tergali tentang kerjasama sekolah dan orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193129

Actions (login required)

View Item View Item