Manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah (studi kasus di SD Plus Rahmat Kota Kediri) / Candra Mey Shinta - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah (studi kasus di SD Plus Rahmat Kota Kediri) / Candra Mey Shinta

Shinta, Candra Mey (2020) Manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah (studi kasus di SD Plus Rahmat Kota Kediri) / Candra Mey Shinta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shinta Candra Mey. 2020. Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Skripsi Jurusan Administrasi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd (2) Ahmad Nurabadi M.Pd Kata Kunci Manajemen Pendidikan Karakter Penguatan Pendidikan Karakter Budaya Sekolah Pendidikan karakter merupakan suatu upaya untuk membentuk kepribadian yang baik pada peserta didik. Sekolah merupakan tempat atau wadah bagi peserta didik untuk mendapatkan pendidikan sebaik-baiknya. Selain keluarga sekolah merupakan faktor terpenting dalam membentuk pendidikan karakter anak melalui pembiasaan sehari-hari yang diajarkan kepada peserta didik sehingga menjadi budaya sekolah yang diterapkan terus menerus sebagai upaya sekolah untuk mendukung pembentukan karakter peserta didik. Dalam penerapan pendidikan karakter di sekolah semua komponen pemangku kepentingan (stakeholder) dilibatkan karena bisa memberikan contoh yang baik bagi peserta didik. Salah satu media penerapan pendidikan karakter adalah melalui budaya sekolah karena budaya sekolah memiliki peranan yang penting dalam membangun karakter melalui budaya sekolah diharapkan peserta didik dapat mengubah tingkah laku yang negatif berubah menjadi positif dengan adanya budaya sekolah yang baik. Berdasarkan latar belakang masalah ini peneliti merumuskan rumusan masalah tentang bagaimana manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Plus Rahmat kota Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Plus Rahmat 2) Mendeskripsikan pengorganisasian manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Plus Rahmat 3) Mendeskripsikan pelaksanaan manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Plus Rahmat 4) Mendeskripsikan evaluasi manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Plus Rahmat Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil objek di SD Plus Rahmat kota Kediri. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dokumentasi dan wawancara. Seluruh data berhasil dikumpulkan dari data tersebut dideskripsikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan tentang manajemen penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Plus Rahmat kota Kediri. Hasil penelitian tersebut adalah 1) Perencanaan penguatan pendidikan karakter didasari dengan visi dan misi sekolah rapat dengan tim inti sekolah membuat program penunjang pendidikan karakter dan sosialisasi dengan wali murid 2) pengorganisasian penguatan pendidikan karakter yaitu kepala sekolah membentuk struktur organisasi setiap korbid/korjen membuat program dan pelatihan control management 3) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dilakukan oleh seluruh warga sekolah sesuai dengan budaya sekolah 4) evaluasi penguatan pendidikan karakter dilakukan setiap tahun kepala sekolah membuat laporan kemudian dilaporkan ke pihak yayasan. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini adalah 1) Yayasan Taman Pendidikan Rahmat diharapkan untuk selalu menjaga eksistensinya sebagai lembaga yang menaungi dan mempertahankan kualitas lembaga yang dikelola agar tetap menjadi satu pilihan minat masyarakat 2) Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan evaluasi khusus terhadap kegiatan penguatan pendidikan karakter anak serta memberikan komunikasi yang baik dan motivasi terhadap guru sehingga guru bersemangat untuk melaksanakan tugasnya 3) Guru diharapkan dapat meningkatkan lagi contoh sikap karakter yang baik sehingga peserta didik dapat meniru tingkah laku guru saat di sekolah 4) Peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan pengembangan bagi peneliti lainnya dengan konteks yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193127

Actions (login required)

View Item View Item