Hubungan kompetensi dan komitmen terhadap organisasi dengan organizational citizenship behavior (ocb) guru smk se-kota batu / Renda Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompetensi dan komitmen terhadap organisasi dengan organizational citizenship behavior (ocb) guru smk se-kota batu / Renda Amalia

Amalia, Renda Amalia (2021) Hubungan kompetensi dan komitmen terhadap organisasi dengan organizational citizenship behavior (ocb) guru smk se-kota batu / Renda Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) biasa disebut juga dengan perilaku extra role yang merupakan perilaku pegawai yang melebihi peran dan kewajiban pekerjaannya yang dilakukan secara sadar dan sukarela tanpa adanya paksaan untuk membantu orang lain maupun organisasi yang mana perilaku tersebut tidak selalu diberi imbalan atau penghargaan secara formal namun mampu meningkatkan efektivitas organisasi. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi OCB adalah kompetensi guru dan komitmen organisasi. Tingkat kompetensi guru yang tinggi serta didukung dengan komitmen organisasi akan memicu timbulnya perilaku OCB pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kompetensi guru SMK di Kota Batu (2) tingkat komitmen organisasi guru SMK di Kota Batu (3) tingkat organizational citizenship behavior (OCB) guru SMK di Kota Batu (4) hubungan antara kompetensi guru dengan OCB guru SMK di Kota Batu (5) hubungan antara komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu dan (6) hubungan antara kompetensi guru dan komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Rancangan deskriptif korelasional digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau lebih variabel yang digunakan dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK se-Kota Batu dari 13 SMK yang ada. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kusioner sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi ganda dengan program SPSS 25 for Windows Hasil analisis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tingkat kompetensi guru SMK di Kota Batu termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebanyak 63 1% (2) tingkat komitmen organisasi guru SMK di Kota Batu termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 69 0% (3) tingkat OCB guru SMK di Kota Batu termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 67 9% (4) adanya hubungan positif antara kompetensi guru dengan OCB guru SMK di Kota Batu (5) adanya hubungan positif antara komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu dan (6) adanya hubungan positif antara kompetensi guru dan komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu. Organizational Citizenship Behavior (OCB) biasa disebut juga dengan perilaku extra role yang merupakan perilaku pegawai yang melebihi peran dan kewajiban pekerjaannya yang dilakukan secara sadar dan sukarela tanpa adanya paksaan untuk membantu orang lain maupun organisasi yang mana perilaku tersebut tidak selalu diberi imbalan atau penghargaan secara formal namun mampu meningkatkan efektivitas organisasi. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi OCB adalah kompetensi guru dan komitmen organisasi. Tingkat kompetensi guru yang tinggi serta didukung dengan komitmen organisasi akan memicu timbulnya perilaku OCB pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kompetensi guru SMK di Kota Batu (2) tingkat komitmen organisasi guru SMK di Kota Batu (3) tingkat organizational citizenship behavior (OCB) guru SMK di Kota Batu (4) hubungan antara kompetensi guru dengan OCB guru SMK di Kota Batu (5) hubungan antara komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu dan (6) hubungan antara kompetensi guru dan komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Rancangan deskriptif korelasional digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau lebih variabel yang digunakan dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK se-Kota Batu dari 13 SMK yang ada. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kusioner sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi ganda dengan program SPSS 25 for Windows Hasil analisis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tingkat kompetensi guru SMK di Kota Batu termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebanyak 63 1% (2) tingkat komitmen organisasi guru SMK di Kota Batu termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 69 0% (3) tingkat OCB guru SMK di Kota Batu termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 67 9% (4) adanya hubungan positif antara kompetensi guru dengan OCB guru SMK di Kota Batu (5) adanya hubungan positif antara komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu dan (6) adanya hubungan positif antara kompetensi guru dan komitmen organisasi dengan OCB guru SMK di Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193120

Actions (login required)

View Item View Item