Ayu, Idqa Nanda (2021) Peran kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan (studi kasus SMP Negeri 6 Kediri) / Idqa Nanda Ayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ayu Idqa Nanda. 2021. Peran Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Karakter Unggul Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler Kesenian Karawitan (Studi Kasus SMP Negeri 6 Kediri). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M.Pd. (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Kata Kunci peran kepala sekolah karakter unggul ekstrakurikuler karawitan Kajian ini didasari oleh kemampuan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin sebagai kunci keberhasilan terhadap sekolah yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah yang mampu berperan dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler karawitan sehingga menjadikan sekolah yang dirasa memiliki peluang terbesar dalam kesenian karawitan terjadilah proses kreasi dan ekspresi yang mampu untuk memunculkan karakter unggul bagi peserta didik. SMP Negeri 6 Kediri merupakan salah satu sekolah negeri yang berpartisipasi dalam Program Penguatan Karakter (PPK) dengan harapan mampu menyiapkan lulusan yang berkualitas bermartabat serta berbudi pekerti sehingga situasi dan kondisi tersebut menjadi tantangan bagi kepala sekolah. Fokus penelitian ini adalah (1) peran kepala sekolah dalam pengelolaan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan (2) bentuk karakter unggul yang didapat peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan (3) strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian (4) faktor pendukung kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan (5) hambatan kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan (6) solusi kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Kediri. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga teknik yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data reduksi data men-display data dan pemaparan serta penegasan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menguji empat kriteria yaitu (1) kepercayaan atau kredibilitas (2) keteralihan atau transferabilitas (3) ketergantungan/auditabilitas dan (4) konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian yang dilalui oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap laporan. Simpulan penelitian yaitu Pertama peran peran yang dilakukan dalam melakukan pengelolaan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler karawitan antara lain (1) menganalisis kondisi riil di lapangan (2) menegaskan prinsip sekolah mengenai open management (3) mendiskusikan apa saja yang dibutuhkan dalam pengembangan ekstrakurikuler karawitan (4) memberikan motivasi kerja kepada seluruh warga sekolah (5) menjadikan dirinya manajer dalam sebuah tim (6) perantara antara sekolah dan wali murid dalam pemberian dukungan. Kedua bentuk karakter unggul yang didapat peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan sebagai berikut (1) cinta budaya (2) gotong royong atau kerja sama (3) disiplin (4) sopan santun (5) mampu berbicara bahasa Jawa dengan sangat baik (6) religi. Ketiga kepala sekolah dalam menerapkan strategi dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler karawitan sebagai berikut (1) menggunakan sistem manajemen terbuka (2) menggunakan kerja sama dengan guru pembina (3) menggunakan laporan harian mengenai peserta didik (4) pemberian izin saat peserta didik ingin mengikuti pertunjukan (5) pemberian motivasi dengan melakukan pengawasan saat latihan (6) menggunakan sistem reward saat peserta didik meraih juara. Keempat faktor pendukung kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik melalui ekstrakurikuler kesenian karawitan sebagai berikut (1) keterlibatan banyak pihak yang berkompeten (guru pembina alumni serta masyarakat) (2) keterlibatan orang tua atau pemberian izin orang tua (3) sarana dan prasarana yang mencukupi (4) tersedianya dana untuk menunjang kegiatan. Kelima faktor penghambat dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik dalam melalui ekstrakurikuler karawitan terletak pada perbedaan sikap dan karakter sebagai berikut (1) kurangnya komunikasi antara sekolah dan wali murid sehingga sering terjadi kesalahpahaman (2) perbedaan karakter setiap peserta didik (3) dana yang digunakan untuk pertunjukan. Keenam solusi dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik dalam melalui ekstrakurikuler karawitan terletak pada perbedaan sikap dan karakter sebagai berikut (1) menemukan akar masalahnya (2) melakukan rapat membahas hal tersebut bersama internal (3) mengadakan rapat bersama wali murid (4) menyediakan fasilitator dan mediator untuk wali murid apabila ingin menyampaikan sesuatu. Saran yang diajukan yaitu (1) Kepala SMP Negeri 6 Kediri sebaiknya kepala sekolah tetap menjalin komunikasi lebih intensif untuk mengatasi adanya kesalahpahaman dan dapat menjalin kerja sama dengan masyarakat terutama dengan wali murid agar meningkatkan kepercayaan serta partisipasinya terhadap kemajuan sekolah (2) Guru SMP Negeri 6 Kediri sebaiknya memperluas komunikasi dengan seluruh warga sekolah untuk mengoptimalisasikan suatu kinerja dapat berjalan maksimal. Menjalin komunikasi yang baik juga mampu meminimalisir adanya masalah dan kesalahpahaman yang akan terjadi di masa mendatang (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang sebaiknya dapat dijadikan sebuah referensi bagi jurusan dalam rangka pengembangan teori dan menambah wawasan serta pengetahuan mengenai peran kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik. Selain itu sebaiknya jurusan juga mampu menjalin kerja sama agar dapat membantu sekolah dalam memperoleh pengetahuan serta wawasan yang baru (4) Peneliti Lain sebaiknya dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai peran kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul peserta didik khususnya pada ekstrakurikuler karawitan. Oleh karena itu diharapkan peneliti lainnya mampu mengembangkan penelitian mengenai peran kepala sekolah dalam menumbuhkan karakter unggul tersebut agar dapat memperoleh teori yang baru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |