Implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SMP Wahid Hasyim dan SMP Negeri 4 Malang / Fadhillah Millah Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SMP Wahid Hasyim dan SMP Negeri 4 Malang / Fadhillah Millah Abdillah

Abdillah, Fadhillah Millah (2020) Implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SMP Wahid Hasyim dan SMP Negeri 4 Malang / Fadhillah Millah Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru memiliki arah dan paradigma yang berbeda dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 memadukan tiga pokok yang menyeimbangkan yaitu attitude skill dan knowledge. Pada kurikulum 2013 penilaian autentik menjadi syarat rujukan bagi pengajar untuk mengevaluasi perolehan belajar para siswa. Proses edukasi dan evaluasi yang dikerjakan dengan terintegrasi secara baik dapat mengelaborasi kemampuan para pelajar hingga cakap membentuk insan-insan terdidik berkarakter berprestasi dan mempunyai kapabilitas yang diperlukan pada era ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 pada jenjang SMP baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran umum (IPA IPS Matematika dan Bahasa Indonesia) VII VIII dan IX Tahun Ajaran 2019/2020 pada semester genap di SMP Wahid Hasyim dan SMP Negeri 4 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan data secara keseluruhan pada ketiga aspek penilaian bahwa pengajar sudah mengetahui secara teori tentang penilaian autentik para pengajar juga memahami dengan baik penilaian autentik beserta cara merencanakan penilaian autentik hingga pelaksanaannya. Tetapi masih ada beberapa pengajar yang dalam proses perencanaan dan pelaksanaan melaksanakan tanpa mematuhi rambu-rambu yang berlaku pada penilaian autentik. Para pengajar juga mengatakan bahwa banyak kendala yang dihadapi dalam proses implementasi penilaian autentik salah satunya adalah banyaknya jumlah anak didik sehingga proses pengambilan nilai pada aspek sikap dan keterampilan hanya seadanya. Oleh karena itu para pengajar perlu memperhatikan dengan seksama rambu-rambu dalam melaksanakan penilaian autentik baik pada aspek sikap pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193111

Actions (login required)

View Item View Item