Advanture game berbasis dgbl (digital game based learning) untuk sejarah kerajaan Hindu – Budha di Indonesia SMP kelas VII / Siti Mutmainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Advanture game berbasis dgbl (digital game based learning) untuk sejarah kerajaan Hindu – Budha di Indonesia SMP kelas VII / Siti Mutmainah

Mutmainah, Siti (2021) Advanture game berbasis dgbl (digital game based learning) untuk sejarah kerajaan Hindu – Budha di Indonesia SMP kelas VII / Siti Mutmainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

pembelajaran sejarah di sekolah menengah pertama menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menambahkan materi di karenakan sejarah berisi tentang peristiwa yang sudah berakhir. Pada saat menyampaikan materi pembelajaran guru di tuntut untuk menarik perhatian siswa menumbuhkan motivasi belajar menyenangkan dan siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. Pada saat proses sejarah siswa merasa bosan karena pembelajaran yang berupa pelajaran berupa cerita kejadian akhirnya sehingga siswa pandai dalam mengimajinasikan peristiwa sejarah yang sering terjadi apalagi dengan kekurangan media pembelajaran dapat menyebabkan siswa kurang bermain untuk belajar. Multimedia pembelajaran game petualangan merupakan salah satu media alternatif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk game petualangan yang layak digunakan dalam sub pembahasan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia sebagai media pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi belajar menarik perhatian dan siswa yang terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia menurut Lee Owens. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata rata 96 6% dan ahli materi sebesar 92 3% dan ujicoba produk kepada siswa memperoleh 92 9%. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa game petualangan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran menarik perhatian dan siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia menurut Lee Owens. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata rata 96 6% dan ahli materi sebesar 92 3% dan ujicoba produk kepada siswa memperoleh 92 9%. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa game petualangan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran menarik perhatian dan siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia menurut Lee Owens. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata rata 96 6% dan ahli materi sebesar 92 3% dan ujicoba produk kepada siswa memperoleh 92 9%. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa game petualangan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193102

Actions (login required)

View Item View Item