Pengembangan kurikulum muatan lokal seni budaya tengger di SDN Wonokerso / Pranata Dwi Nur Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kurikulum muatan lokal seni budaya tengger di SDN Wonokerso / Pranata Dwi Nur Hidayat

Hidayat, Pranata Dwi Nur (2021) Pengembangan kurikulum muatan lokal seni budaya tengger di SDN Wonokerso / Pranata Dwi Nur Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seni Budaya Tengger merupakan salah satu budaya di Indonesia yang sudah di kenal oleh masyarakat luas. Pada kenyataannya pelestarian seni budaya Tengger perlahan mulai pudar dikarenakan sejak usia dini pengenalan seni budaya Tengger sangat jarang di lakukan oleh masyarakat. Hal yang dapat dilakukan agar budaya bangsa tidak luntur adalah dengan membangun jati diri bangsa seperti menanamkan nilai-nilai kearifan lokal sejak dini untuk generasi muda (Ainun cahya 2021). Pelestarian seni budaya Tengger dapat dilakukan salah satunya yaitu pembuatan kurikulum muatan lokal yang di khususkan membahas tentang seni budaya Tengger. Kurikulum muatan lokal tersebut ditujukan untuk Pendidikan formal terutama pada jenjang Pendidikan Dasar Upaya tersebut dapat menjadi sarana untuk mengenalkan seni budaya Tengger sejak dini sehingga dapat mencegah tergerusnya seni budaya Tengger. Penelitian ini menggunakan model pengembangan kurikulum menurut G.A Beauchamp terdapat beberapa tahapan yaitu menentukan arena pengembangan kurikulum memilih dan mengikutsertakan pengembang kurikulum pengorganisasian dan penentuan prosedur perencanaan kurikulum pelaksanaan kurikulum secara sistematis dan evaluasi kurikulum. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai 97% dan ahli kurikulum Waka Kurikulum Sekolah memperoleh nilai 98% serta dari ahli kurikulum Dosen Teknologi Pendidikan memperoleh nilai 81 5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum muatan lokal Seni Budaya Tengger ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193092

Actions (login required)

View Item View Item