Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis smartphone tematik tema 9 / Muhammad Hanif Alfani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis smartphone tematik tema 9 / Muhammad Hanif Alfani

Alfani, Muhammad Hanif (2021) Pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis smartphone tematik tema 9 / Muhammad Hanif Alfani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring berjalannya waktu arus teknologi semakin maju dan berkembang sangat pesat sehingga guru di tuntut untuk lebih kreatif dalam memecahkan suatu masalah pendidikan. Pada proses pembelajaran siswa diharapkan mampu menggunakan kemampuan indranya dengan baik pada media pembelajaran tersebut. Karena dalam proses pembelajaran siswa terkadang anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir (Ropingatun.S 2017). Pendidikan karakter penting untuk diimpelentasikan di semua jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Secara umum pendidikan karakter sesungguhnya dibutuhkan semenjak anak usia dini. Karakter seseorang apabila telah terbentuk sejak usia dini maka ketika dewasa tidak akan mudah berubah meskipum banyak pengaruh yang datang (Azzet 2011). Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk komik digital yang layak digunakan dalam pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku sebagai media pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi belajar menarik perhatian dan siswa terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia menurut Arief Sadiman dkk. Model ini memiliki 8 tahap pengembangan yaitu 1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2) merumuskan tujuan instruksional 3) merumuskan butir-butir materi 4) mengembangkan alat ukur keberhasilan 5) menulis naskah media 6) produksi 7) evaluasi formatif 8) revisi. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata rata 97% dan ahli materi sebesar 91 6% dan ujicoba produk kepada siswa memperoleh 94 12%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komik digital ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193087

Actions (login required)

View Item View Item