Pengembangan multimedia interaktif sistem peredaran darah manusia untuk kelas V Sekolah Dasar / Isnaini Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif sistem peredaran darah manusia untuk kelas V Sekolah Dasar / Isnaini Munawaroh

Munawaroh, Isnaini (2021) Pengembangan multimedia interaktif sistem peredaran darah manusia untuk kelas V Sekolah Dasar / Isnaini Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran yang menyajikan materi dengan adanya kombinasi teks gambar audio video dan animasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk multimedia interaktif yang valid layak dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di tingkat sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terdapat informasi bahwa 1) karakteristik yang dimiliki peserta didik berbeda-beda 2) pembelajaran tematik materi ilmu pengetahuan alam dihadapkan dengan konsep yang sifatnya abstrak 3) kurangnya fasilitas yang dimiliki sekolah berupa alat peraga sehingga membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan 4) sekolah masih jarang sekali menerapkan pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif atau pembelajaran dengan berbantuan komputer. Oleh sebab itu diperlukan sebuah pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif untuk tingkat sekolah dasar pada materi sistem peredaran darah manusia. Multimedia interaktif yang akan dikembangkan nantinya tidak menutup kemungkinan untuk menghapus peranan bahan ajar berupa buku atau modul. Dengan dikembangkannya multimedia interaktif ini dapat digunakan sebagai motivasi peserta didik agar lebih semangat dalam belajar dan mampu mempermudah pemahaman materi yang disampaikan sehingga dapat dijadikan sebagai solusi pemecahan masalah yang terjadi di SDN Tamiajeng. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan Lee amp Owens yang terdiri dari 5 tahapan sebagai berikut (1) analisis (2) perencanaan (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Tahap validasi dilakukan kepada ahli media dan ahli materi kemudian di uji cobakan kepada 19 siswa kelas V SDN Tamiajeng. Hasil pengembangan multimedia interaktif dinyatakan valid dengan perolehan presentase sebesar 98 61% dari ahli media 79 16% dari ahli materi 82 98 uji coba kelompok kecil 84 36% uji coba kelompok besar. Multimedia interaktif dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan presentase sebesar 84 21% menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia interaktif mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi sistem peredaran darah manusia menghasilkan produk yang valid layak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Bagi pengembang selanjutnya diharapkan untuk menyempurnakan produk yang dihasilkan baik dari segi desain tujuan pembelajaran isi materi dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193083

Actions (login required)

View Item View Item