Pengembangan Multimedia game edukasi periodisasi zaman praaksara untuk SMP kelas VII / Elya Tri Nuraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Multimedia game edukasi periodisasi zaman praaksara untuk SMP kelas VII / Elya Tri Nuraeni

Nuraeni, Elya Tri (2020) Pengembangan Multimedia game edukasi periodisasi zaman praaksara untuk SMP kelas VII / Elya Tri Nuraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini sumber ilmu pengetahuan tidak hanya diperoleh dari guru saja. Sehingga guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan kreativitas yang tinggi dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan ditemukan bahwa siswa sering merasa jenuh pada pembelajaran sejarah karena materi yang dipelajari sangat luas dan rumit. Kurangnya media dalam penyampaian materi juga menyebabkan siswa kurang termotivasi untuk mempelajari sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia game edukasi yang layak untuk digunakan pada mata pelajaran IPS materi Periodisasi Zaman Praaksara secara Arkeologis. Game edukasi merupakan salah satu multimedia pembelajaran yang memiliki komponen hiburan sehingga dapat membantu siswa untuk mempelajari materi dengan lebih menyenangkan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa pemanfaatan multimedia game edukasi dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia menurut Lee amp Owens. Dalam model pengembangan ini terdapat lima tahap yaitu (1)Asesmen/analisis yang terdiri dari dua bagian yaitu Analisis Kebutuhan dan Front-end Analysis (2)Desain (3)Pengembangan (4)Implementasi (5)Evaluasi. Namun pada penelitian ini hanya akan dilaksanakan hingga tahap pengembangan saja. Hasil review ahli materi memperoleh tanggapan positif dengan nilai rata-rata 3 93 dan ahli media sebesar 3 87. Berdasarkan hasil tanggapan dari ahli materi dan ahli media dapat disimpulkan bahwa multimedia game edukasi periodisasi zaman praaksara secara arkeologis ini telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran bagi pengembangan selanjutnya produk multimedia game edukasi yang dihasilkan diharapkan memiliki kelebihan dari multimedia yang sudah ada. Produk multimedia game edukasi yang dibuat hendaknya mengevaluasi kekurangan dari produk yang sudah ada agar memiliki pembaruan dan inovasi yang lebih lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193072

Actions (login required)

View Item View Item