Pengembangan multimedia tutorial "funmath" untuk pembelajaran aritmatika sosial kelas VII MTSN 1 Kota Blitar / Rinjani Ratnasari Afianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia tutorial "funmath" untuk pembelajaran aritmatika sosial kelas VII MTSN 1 Kota Blitar / Rinjani Ratnasari Afianto

Afianto, Rinjani Ratnasari (2020) Pengembangan multimedia tutorial "funmath" untuk pembelajaran aritmatika sosial kelas VII MTSN 1 Kota Blitar / Rinjani Ratnasari Afianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia Tutorial adalah media pembelajaran yang menyajikan materi dengan memandu siswa dalam belajar secara mandiri. Dengan kemandirian belajar tersebut siswa dapat dengan mudah memahami materi lebih banyak dibandingkan dengan pembelajaran di sekolah. Selain itu program latihan pada multimedia tutorial dapat menambah pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan multimedia tutorial yang valid dan layak digunakan pada pembelajaran aritmatika sosial pada siswa kelas VII MTsN 1 Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode pengembangan dari William W. Lee dan Diana L. Owens. Tahapan pada model pengembangan yaitu (1) Tahap Analisis (2) Tahap Desain (3) Tahap Pengembangan (4) Tahap Implementasi dan (5) Tahap Evaluasi. Subjek Penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas VII MTsN 1 Kota Blitar yang pernah mengikuti mata pelajaran Matematika pada Aritmatika Sosial. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Multimedia tutorial ldquo Funmath rdquo mengalami perbaikan dari ahli media berupa penambahan sumber untuk pemberian sumber video sebagai contoh materi. Setelah melakukan perbaikan hasil validasi ahli media menunjukkan nilai sebesar 90% multimedia tutorial valid dan layak digunakan. Perbaikan dari ahli materi berupa penambahan syarat untuk materi ketuntungan kerugian dan pemberian soal dengan model HOTS dengan pembahasan pada evaluasi. Setelah melakukan perbaikan hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai sebesar 83 5% multimedia tutorial valid dan layak digunakan. Selanjutnya uji coba perseorangan pada audiens/siswa menujukkan niali sebesar 92 81% multimedia tutorial valid san layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa multimedia tutorial dapat mengatasi masalah belajar dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi aritmatika sosial. Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran Matematika adalah pada pembelajaran selanjutnya dapat menggunakan multimedia tutorial ldquo Funmath rdquo sehingga pembelajaran menjadi lebih maksimal. Bagi pengembang selanjutnya agar menghasilkan produk yang sesuai dengan karakteristik siswa materi yang disajikan lebih dalam dan materi yang disampaikan dengan jelas dan menarik agar dapat memotivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193064

Actions (login required)

View Item View Item