Vindianto, Yota Andika (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran sejarah siswa kelas VII SMP / Yota Andika Vindianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan serta kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menuntut segala aspek kehidupan dalam hal ini pendidikan juga harus ikut berkembang. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya dalam sistem pembelajaran telah mengubah sistem pembelajaran pola konvensional atau pola tradisional menjadi pola modern yang bermedia Teknologi Informasi dan Komunikasi. Salah satu media pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yaitu pembelajaran berbasis web atau disebut juga e-learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ldquo Bagaimanakah efektivitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis web pada Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas VII di SMP rdquo . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis web pada Mata Pelajaran Sejarah siswa Kelas VII di SMP.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Purwosari 1 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dengan angket tes wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sesuai indikator ketercapaian keefektifan pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VII di SMP Negeri Purwosari 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 menyatakan memenuhi kriteria efektif dengan indikator ketercapaian keefektifan aktivitas siswa memenuhi kriteria efektif dengan skor total sebesar 59 dari skor maksimum 75 angka ini di interpretasikan dalam persentase dengan perolehan skor sebesar 78 67% indikator ketercapaian efektivitas kemampuan guru memenuhi kriteria cukup efektif dengan skor total sebesar 37 dari skor maksimum 50 angka ini di interpretasikan dalam persentase dengan perolehan skor sebesar 74% dan hasil dari skor kuesioner siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 79 93% dimana dalam interpretasi efektivitas media di interpretasikan ke dalam kriteria cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193034 |
Actions (login required)
View Item |