Pengembangan literasi akademik siswa di sekolah analisis meta-teori / Sumandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan literasi akademik siswa di sekolah analisis meta-teori / Sumandari

Sumandari (2021) Pengembangan literasi akademik siswa di sekolah analisis meta-teori / Sumandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan selalu mengalami perkembangan dan perubahan dari waktu-kewaktu. Demikian juga dengan perkembangan dan perubahan dunia pendidikan yang ada di Indonesia. Perkembangan dan perubahan itu tidak terlepas dari kemampuan literasi yang dimiliki oleh peserta didik. Salah satu upaya untuk mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia yaitu dengan adanya pengembangan literasi akademik siswa di sekolah. Pengembangan literasi akademik tidak terlepas dari kegiatan menulis. Literasi akademik adalah serangkaian kegiatan membaca menulis dan berpikir kritis yang dilakukan dalam ruang lingkup akademis sehingga siswa memiliki kemampuan yang luas untuk mencapai keberhasilan akademik di sekolah. Literasi akademik memberikan perspektif baru kepada peserta didik dalam mengembangan sikap akademik meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dan menciptakan ilmu pengetahuan. Selain itu literasi akademik membuat peserta didik terampil dalam mencari dan menemukan informasi yang diperlukan sehingga peserta didik akan terus-menerus belajar menguasai berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat. Maka dari itu sangat beralasan jika literasi akademik dapat dikembangkan dan diterapkan di sekolah. Pengembangan literasi akademik siswa di sekolah adalah proses mengembangkan budaya literasi siswa di sekolah dengan cara mengembangkan kesadaran motivasi keterampilan dan kegemaran berliterasi yang tinggi dari siswa di sekolah untuk keperluan akademik maupun non-akademik. Adapapun tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan dalam pengembangan literasi akademik siswa di sekolah (2) mendeskripsikan iklim kondusif yang diperlukan untuk pengembangan literasi akademik siswa di sekolah (3) wujud implementasi pengembangan literasi akademik siswa di sekolah dan (4) manfaat pengembangan literasi akademik siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kajian pustaka dengan menggunakan metode meta-teori. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik membaca kritis. Pengumpulan data dilakukan dengan tujuh kegiatan yaitu (1) menyiapkan alat perlengkapan seperti pulpen dan kertas catatan untuk mencatat data (2) mencari dan mengumpulkan data berupa pendapat para ahli gagasan dan teori dari berbagai sumber pustaka dan hasil penelitian yang relevan dengan rumusan masalah (3) membaca kritis tentang teori dan penelitian yang berkaitan dengan rumusan masalah (4) mencatat dan menulis data pada kertas catatan lalu memasukkan catatan penelitian ke dalam instrumen (5) memilih dan mengelompokkan data yang sesuai dengan rumusan masalah atau tujuan penelitian dan (6) melakukan evaluasi atau mengecek data terakhir (7) mereorganisasikan catatan dan memulai untuk menulis. Tahapan-tahapan analisis data terbagi menjadi tiga yaitu (1) langkah persiapan (2) penganalisisan dan (3) penyimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan dalam pengembangan literasi akademik siswa di sekolah (2) iklim kondusif yang diperlukan untuk pengembangan literasi akademik siswa di sekolah (3) wujud implementasi pengembangan literasi akademik siswa di sekolah dan (4) manfaat pengembangan literasi akademik siswa di sekolah. berikut adalah paparan lengkapnya. Kesimpulan yang dapat ditemukan dalam penelitian ini bahwa pengembangan literasi akademik penting bagi siswa dengan adanya pengembangan literasi akademik secara terencana dan sistemis memungkinkan peserta didik dapat menguasai dan mendalami pembelajaran secara rinci dan luas untuk memahami dan memecahkan berbagai masalah di masyarakat atau belajar sepanjang hayat di masyarakat. Selain itu dengan kompetensi literasi akademik siswa dapat mengembangkan potensi berpikir dan berbahasanya secara maksimal. Kemampuan berkomunikasi mencari mengolah dan memanfaatkan informasi untuk berbagai keperluan bekerjasama memahami dan memecahkan masalah yang merupakan kegiatan penting bagi siswa saat ini. Adapun saran dalam penelitian ini ditujukkan untuk pihak berikut. Pertama sekolah hendaknya mengondisikan pengembangan literasi akademik siswa. Kedua bagi guru guru hendaknya terus berusaha keras untuk mewujudkan pembelajaran berbasis literasi dan menciptakan iklim belajar yang kondusif sesuai dengan strategi pembelajaran yang sesuai agar tercipta pembelajaran yang lebih efektif dan produktif. Ketiga bagi siswa. Para siswa diharapkan menjadi pelopor pembangunan dan pembentukan masyarakat belajar. Keempat bagi peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat diujicobakan dengan memperhatikan landasan yang mendasari dijadikannya menulis ilmiah sebagai basis pengembangan literasi akademik siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193024

Actions (login required)

View Item View Item