Dampak penerapan media sandpaper letters terhadap pembelajaran mengenal huruf anak autis kelas rendah slb autis laboratorium um. / ALISA FIKRIYAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak penerapan media sandpaper letters terhadap pembelajaran mengenal huruf anak autis kelas rendah slb autis laboratorium um. / ALISA FIKRIYAH

Fikriyah, Alisa Fikriyah (2021) Dampak penerapan media sandpaper letters terhadap pembelajaran mengenal huruf anak autis kelas rendah slb autis laboratorium um. / ALISA FIKRIYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mengenal huruf merupakan salah satu tahapan perkembangan fundamental sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan literasi dan berhasil dalam tugas-tugas akademiknya di sekolah. Permasalahan anak autis belum konsisten dalam mengidentifikasi huruf mengakibatkan kemampuan mengenal huruf anak masih rendah. Anak autis memerlukan pembelajaran mengenal huruf yang dapat membantu mereka terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dalam pengenalan huruf Montessori mengemukakan sebuah media kongkret yang disebut sandpaper letters. Terbuat dari papan kecil dengan pola huruf dari amplas sandpaper letters membantu anak belajar mengenal huruf melalui tiga aktivitas 1) melihat huruf 2) mendengar/mengucapkan huruf dan 3) meraba huruf. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media sandpaper letters terhadap konsistensi mengenal huruf peserta didik autis kelas III SLB Autis Laboratorium UM dan menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Instrumen penelitian berupa tes kinerja mengenal huruf. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan skor kemampuan mengenal huruf vokal pada kondisi intervensi dan baseline-2. Subjek FA memperoleh mean sebesar 69 07% dengan kecenderungan arah menurun pada kondisi baseline-1 dan 90 67% dengan kecenderungan arah meningkat pada kondisi intervensi. Sementara pada kondisi baseline-2 diperoleh mean sebesar 90 40% atau meningkat dibanding kondisi baseline-1 dengan estimasi kecenderungan arah mendatar. Presentase overlap 0% dan adanya peningkatan skor dalam mengenal huruf pada kondisi baseline-2 (A2) mengindikasikan sandpaper letters memberikan dampak yang positif terhadap pembelajaran mengenal huruf peserta didik autis kelas III dengan permasalahan konsistensi mengenal huruf vokal. Peserta didik mampu mengidentifikasi huruf vokal melalui bentuk maupun bunyinya dengan lebih konsisten dibandingkan sebelum diterapkannya media sandpaper letters.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193021

Actions (login required)

View Item View Item