Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap pengetahuan pendidikan seks bagi anak tunagrahita di SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang / Vivi Mariesca Vibraena - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap pengetahuan pendidikan seks bagi anak tunagrahita di SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang / Vivi Mariesca Vibraena

Vibraena, Vivi Mariesca (2021) Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap pengetahuan pendidikan seks bagi anak tunagrahita di SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang / Vivi Mariesca Vibraena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan seks bagi anak berkebutuhan khusus masih jarang mendapatkan perhatian dikalangan pendidik. Masih sedikit sekali literatur yang mengkaji pendidikan seks terutama bagi anak berkebutuhan khusus. Secara garis besar materi pendidikan seks bagi anak berkebutuhan khusus sama dengan anak normal pada umumnya. Akan tetapi materi bagi anak berkebutuhan khusus perlu disesuaikan dengan jenis hambatan dan karakteristik anak. Salah satu jenis hambatan anak berkebutuhan khusus yaitu anak tunagrahita tunagrahita adalah mereka yang kecerdasanya (IQ) dibawah rata rata anak normal pada umumnya mereka kesulitan dalam memahami hal hal yang bersifat abstrak sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus dalam pembelajarannya. Oleh karena itu salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan seks bagi anak tunagrahita yaitu menggunakan media video pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan pendidikan seks anak tunagrahita saat memasuki masa pubertas di SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sebelum dan setelah memanfaatkan media video pembelajaran serta untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap pengetahuan pendidikan seks anak tunagrahita di SMPLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan pre- eksperimental desaign dengan model desain penelitian one group pretest posttest desaign. Instrumen yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi melakukan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan menggunakan uji gain skor. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh data sebelum mengunakan media video pembelajaran pengetahuan pendidikan seks peserta didik dengan hasil rata- rata pretest sebesar 30 83. Setelah memanfaatkan media video pembelajaran terjadi peningkatan pengetahuan pendidikan seks dari pada sebelum memanfaatkan media video pembelajaran dengan hasil rata- rata nilai posttest sebesar 81 66. Sebelum memanfaatkan media video pembelajaran pengetahuan pendidikan seks anak tunagrahita tergolong sangat kurang. Setelah memanfaatkan media video pembelajaran pengetahuan pendidikan seks peserta didik meningkat. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah agar dapat mengembangkan penelitian lanjutan yang membahas tentang pengetahuan pendidikan seks pada anak tunagrahita melalui pemanfaatan media video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192974

Actions (login required)

View Item View Item