Efektivitas penggunaan media sosial selama pembelajaran jarak jauh di tk dharma wanita persatuan 2 jatiguwi / FRIDA AULIA INDRAJATI - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan media sosial selama pembelajaran jarak jauh di tk dharma wanita persatuan 2 jatiguwi / FRIDA AULIA INDRAJATI

Indrajati, Frida Aulia Indrajati (2021) Efektivitas penggunaan media sosial selama pembelajaran jarak jauh di tk dharma wanita persatuan 2 jatiguwi / FRIDA AULIA INDRAJATI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi covid-19 ini membawa dampak buruk bagi semua sektor salah satunya adalah pendidikan. Pemerintah dalam bidang pendidikan berupaya untuk mengatasi penyebaran covid-19 ini dengan membuat sebuah kebijakan mengenai pembelajaran dari rumah (learning from home) dengan melalui pembelajaran daring atau jarak jauh. Namun pembelajaran secara daring ini tidak mudah dilakukan apabila sinyal jaringan internet kurang memadai. Dengan demikian pembelajaran jarak jauh dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru selama masa pandemi. Pembelajaran jarak jauh ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi media sosial (WhatsApp dan Youtube). Kedua aplikasi tersebut dipilih karena guru maupun orang tua sudah mengenal dan dapat dengan mudah menggunakannya serta dapat di akses sesuai kebutuhan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai persepsi guru dan orang tua dalam penggunaan media sosial selama pembelajaran jarak jauh di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Jatiguwi pada masa pandemi covid-19 ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan naratif deskriptif serta menggunakan populasi populatif yang terdiri dari 4 guru dan 30 orang tua. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner tertutup berisi skor pencapaian yang ditujukan kepada guru dan orang tua. Selanjutnya instrumen angket tersebut diuji terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas (oleh ahli dan teknik korelasi product momen yang dikemukakan oleh Karl Pearson) dan uji reliabilitas untuk menentukan valid reliabel atau tidaknya instrumen tersebut. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif persentase untuk mengetahui perolehan skor pada angket tersebut termasuk dalam kategori sangat setuju setuju kurang setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada hasil uji validitas oleh ahli dan program aplikasi SPSS 26 dinyatakan bahwa semua item pernyataan angket tersebut valid dan begitu juga dengan uji reliabilitas yang menggunankan program aplikasi SPSS 26 dinyatakan reliabel. Hasil teknik analisa data juga didapatkan lebih banyak responden oleh guru yang menyatakan sangat setuju sehingga masuk kategori sangat efektif dengan persentase 29 % dan lebih banyak responden oleh orang tua yang menyatakan setuju sehingga masuk kategori efektif dengan persentase 73 %. Jadi berdasarkan persepsi guru dan orang tua penggunaan media sosial ini dirasa efektif untuk diterapkan di rumah selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192973

Actions (login required)

View Item View Item