Penanaman nilai karakter melalui pembiasaan berbahasa jawa halus pada anak usia dini di tk dharma wanita ketami / ANISA BESTARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai karakter melalui pembiasaan berbahasa jawa halus pada anak usia dini di tk dharma wanita ketami / ANISA BESTARI

Bestari, Anisa Bestari (2021) Penanaman nilai karakter melalui pembiasaan berbahasa jawa halus pada anak usia dini di tk dharma wanita ketami / ANISA BESTARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bestari Anisa. 2021. Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembiasaan Berbahasa Jawa Halus Pada Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Ketami. Skripsi Program Studi-S1 Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Pramono S.Pd M.Or (II) Munaisra Tri Tirtaningsih S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Penanaman nilai karakter Bahasa Jawa Halus Anak Usia Dini Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang dapat membentuk penuturnya agar memiliki etika dan karakter yang baik karena Bahasa Jawa memiliki tingkat tutur yaitu Ngoko Madya dan Krama Inggil (Bahasa Jawa Halus) yang mengharuskan penutur sadar dengan siapa ia sedang berbicara dan dimana atau dalam situasi apa percakapan (komunikasi) sedang berlangsung. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa dari delapan belas anak didik kelompok B di TK Dharma Wanita Ketami mayoritas tidak memahami dan menguasai Bahasa Jawa Halus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bahasa yang digunakan dan karakter yang dimiliki oleh anak didik kelompok B di TK Dharma Wanita Ketami (2) Pelaksaan pembiasaan berbahasa Jawa Halus untuk menanamkan nilai karakter pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Ketami (3) Hambatan dalam pelaksaan pembiasaan berbahasa Jawa Halus untuk menanamkan nilai karakter pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Ketami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi dengan instrumen berupa pedoman observasi pedoman wawancara dan dokumentasi berupa foto video serta data-data yang bersangkutan dengan penelitian. Data yang telah terkumpul kemudian diolah melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan setelah melalui tahap analisis data kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) anak didik kelompok B yang menggunakan Bahasa Jawa Ngoko untuk berkomunikasi kurang memahami sopan santun dan tata krama terlebih saat berkomunikasi dengan orang tua atau guru (2) pelaksanaan penanaman nilai karakter melalui pembiasaan berbahasa Jawa Halus dapat mencapai tujuan yang ditetapkan karena guru memiliki strategi pembelajaran dan selalu bekerjasama dengan orang tua (3) anak didik yang tidak dikenalkan dan dibiasakan berbahasa Jawa Halus oleh orang tua di rumah memiliki kesulitan dalam memahami dan membiasakan diri berbahasa Jawa Halus sehingga membutuhkan waktu yang lebih panjang dalam belajar berbahasa Jawa Halus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192972

Actions (login required)

View Item View Item