Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas v sd / Renalda Putri Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas v sd / Renalda Putri Agustin

Agustin, Renalda Putri Agustin (2021) Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas v sd / Renalda Putri Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap minat dan hasil belajar belajar peserta didik. Media pembelajaran digunakan oleh pendidik dalam proses belajar agar berjalan dengan efektif. Salah satu contoh media pembelajaran yaitu aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz ini sebuah media berbasis web tool untuk membuat permainan kuis interaktif. Dengan menggunakan aplikasi Quizizz pembelajaran matematika dapat memberikan kesan tersendiri terhadap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD ditinjau dari minat peserta didik (2) Menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif (Quasy Experimental Design). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 29 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket sebelum dan sesudah perlakuan serta pretest-posttest. Data yang diperoleh dari instrumen kemudian diuji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan setelah menggunakan Quizizz lebih efektif terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil n-gain minat belajar diperoleh sebesar 0 37 dan uji t minat belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0 05 (sig lt 0 05) sehingga dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap minat dengan pemberian perlakuan. Sedangkan n-gain pada hasil belajar diperoleh 0 703 dan uji t hasil belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0 05 (sig lt 0 05) sehingga dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar dengan pemberian perlakuan. Dari uraian tersebut diketahui bahwa penggunaan media aplikasi Quizizz pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan volume balok dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas V SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192907

Actions (login required)

View Item View Item