Analisis penulisan laporan hasil wawancara siswa kelas iv sd negeri 4 wonokerto kabupaten malang / Dinda Suzena Sukmawati Al Aziza - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penulisan laporan hasil wawancara siswa kelas iv sd negeri 4 wonokerto kabupaten malang / Dinda Suzena Sukmawati Al Aziza

Al Aziza, Dinda Suzena Sukmawati (2021) Analisis penulisan laporan hasil wawancara siswa kelas iv sd negeri 4 wonokerto kabupaten malang / Dinda Suzena Sukmawati Al Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Laporan hasil wawancara adalah sebuah ragam teks yang disusun sebagai pertanggungjawaban dari kegiatan wawancara. Penulisan laporan hasil wawancara seharusnya menunjukkan substansi atau isi yang benar karena substansi merupakan hal paling penting dari laporan hasil wawancara itu sendiri namun faktanya masih terdapat kesalahan pada penulisan laporan hasil wawancara siswa khususnya pada substansinya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penulisan kesalahan penulisan serta penyebab dari kesalahan penulisan laporan hasil wawancara siswa ditinjau dari segi substansi atau isinya. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonokerto sejumlah 29 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya yaitu tes yang berupa tes menulis laporan hasil wawancara yang ditujukan kepada siswa angket kepada siswa wawancara kepada guru serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data milik Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penulisan laporan hasil wawancara siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonokerto masih didapati kesalahan dari segi substansinya dengan total kesalahan seluruh siswa tersebut yaitu sebanyak 153. Kesalahan yang dialami siswa sangat beragam baik dari segi jumlah letak maupun klasifikasi kesalahannya. Tiap siswa mengalami jumlah kesalahan bermacam-macam yaitu dari 4 hingga 12 kesalahan. Ditinjau dari bagian-bagian penyusun laporan hasil wawancara bagian yang paling banyak didapati kesalahannya yaitu pada bagian kesimpulan. Klasifikasi yang paling banyak ditemukan dari kesalahan yang dialami oleh siswa yaitu terletak pada isi bagian. Penyebab kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya yaitu ketidaktelitian siswa kurangnya kemampuan siswa serta pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dinilai kurang inovatif. Guru hendaknya menambah upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan hasil wawancara siswa dengan melaksanakan pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kegiatan siswa dalam berlatih menulis. Pihak sekolah juga diharapkan dapat mengupayakan peningkatan tersebut salah satunya yaitu dengan cara menggiatkan kegiatan literasi di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menjadikan penelitian ini sebagai rujukan dan memperluas aspek penelitiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192893

Actions (login required)

View Item View Item