Analisis dampak negatif penggunaan smartphone pada pembelajaran daring ditinjau dari perilaku anak kelas v sdn kebonagung 2 kabupaten malang / Soniya Putri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dampak negatif penggunaan smartphone pada pembelajaran daring ditinjau dari perilaku anak kelas v sdn kebonagung 2 kabupaten malang / Soniya Putri Wulandari

Wulandari, Soniya Putri (2021) Analisis dampak negatif penggunaan smartphone pada pembelajaran daring ditinjau dari perilaku anak kelas v sdn kebonagung 2 kabupaten malang / Soniya Putri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari Soniya Putri. 2021. Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Perilaku Anak Kelas V SDN Kebonagung 2 Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. (II) Putri Mahanani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Dampak Negatif Smartphone Pembelajaran Daring. Sejak diterapkannya pembelajaran daring tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan smartphone pada anak usia sekolah dasar semakin meningkat namun wali kelas V SDN Kebonangung 2 saat kegiatan wawancara mengungkapkan bahwa meningkatnya penggunaan smartphone pada anak tidak menjamin lancarnya kegiatan pembelajaran. Hal tersebut karena pada kelas V SDN Kebonangung 2 masih terdapat tujuh siswa yang bermasalah dalam pembelajaran daring dan siswa yang bermasalah justru siswa yang telah memiliki smartphone pribadi. Berdasarkan fakta tersebut problematika mengenai dampak negatif penggunaan smartphone pada anak usia sekolah dasar menarik untuk diteliti karena siswa yang telah memiliki smartphone pribadi seharusnya lebih memiliki sedikit masalah dalam pembelajaran daring jika dibandingkan dengan siswa yang belum memiliki smartphone pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif dari penggunaan smartphone pada anak faktor penyebab timbulnya dampak negatif tersebut serta upaya meminimalisir timbulnya dampak negatif dari penggunaan smartphone pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi sehingga instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Subjek pada penelitian ini meliputi tujuh siswa kelas V SDN Kebonagung 2 tujuh wali siswa kelas V SDN Kebonagung 2 dan satu wali kelas V SDN Kebonagung 2. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dampak negatif dari penggunaan smartphone pada anak usia sekolah dasar yaitu (1) anak menjadi kecanduan bermain smartphone (2) menurunnya kedisiplinan siswa (3) siswa menjadi sering berbohong (4) lambat dalam menerima pembelajaran dan (5) mempengaruhi perilaku siswa contohnya seperti siswa menjadi lebih sulit menerima nasihat dari orang lain siswa sering membantah ucapan orang tua serta siswa cenderung sering menolak jika diminta oleh orang tua melakukan sesuatu. Faktor yang menyebabkan timbulnya dampak negatif tersebut antara lain (1) kurangnya pengawasan pendampingan dan pembatasan penggunaan smartphone dari wali siswa (2) wali siswa selalu menuruti segala keinginan siswa (3) kecanduan game online dan (4) pengaruh dari lingkungan bermain siswa. Upaya yang telah dilakukan untuk meminimalisir timbulnya dampak negatif yaitu (1) guru memberikan jadwal pembelajaran daring yang jelas (2) orang tua memberi batasan waktu dalam penggunaan smartphone dan (3) orang tua memantau situs atau aplikasi yang digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192892

Actions (login required)

View Item View Item