Pengembangan e-lkpd interaktif berbasis permainan edukatif terintegrasi karakter kreatif pada muatan ipa tema 9 subtema 2 kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar / Yeni Mardianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd interaktif berbasis permainan edukatif terintegrasi karakter kreatif pada muatan ipa tema 9 subtema 2 kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar / Yeni Mardianti

Mardianti, Yeni (2021) Pengembangan e-lkpd interaktif berbasis permainan edukatif terintegrasi karakter kreatif pada muatan ipa tema 9 subtema 2 kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar / Yeni Mardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardianti Yeni. 2021. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Permainan Edukatif Terintegrasi Karakter Kreatif pada Muatan IPA Tema 9 Subtema 2 Kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Esti Untari S.Pd. M.Pd (2) Ferril Irham Muzaki S.Pd. M.Pd Kata Kunci E-LKPD Interaktif Permainan Edukatif Karakter Kreatif Muatan IPA Penelitian dan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis permainan edukatif terintegrasi karakter kreatif dilaksanakan di kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Tempat sasaran dipilih karena berdasarkan hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa di kelas IV belum pernah menggunakan E-LKPD interaktif khususnya di masa pandemi COVID-19 sangat dibutuhkan bahan ajar yang berbasis IT. Materi pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan produk ini yaitu materi muatan IPA yang berhubungan dengan kegiatan percobaan IPA yang terdapat pada Tema 9 Subtema 2 yang mencakup pembelajaran 1 dan pembelajaran 3. Materi tersebut termuat dalam KD 3.5 dan 4.5. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis permainan edukatif terintegrasi karakter kreatif pada muatan IPA Tema 9 Subtema 2 Kelas IV SDN Bendogerit 1 Kota Blitar yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan pengguna (guru) serta menarik bagi peserta didik. Penelitian dan pengembangan E-LKPD interaktif ini dilaksanakan dengan tahapan penelitian dan pengembangan dari model ADDIE. Model penelitian dan pengembangan ADDIE merupakan singkatan dari tahapan penelitian yang terdiri dari (1) Analysis (analisis) (2) Design (perancangan) (3) Development (pengembangan) (4) Implementation (implementasi) dan (5) Evaluation (evaluasi). Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Angket validasi ahli materi ahli bahan ajar dan pengguna (guru) dianalisis menggunakan skala Likert. Kemudian angket yang digunakan untuk peserta didik dianalisis menggunakan skala Guttman. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang berupa E-LKPD interaktif berbasis permainan edukatif terintegrasi karakter kreatif yang dapat disebarluaskan dalam bentuk link serta dapat diakses melalui smartphone laptop ataupun komputer. Produk E-LKPD interaktif ini sudah melalui proses validasi dan uji coba produk. Kevalidan produk diperoleh berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 97 5% (sangat valid) hasil validasi ahli bahan ajar sebesar 97 9% (sangat valid) dan hasil validasi pengguna (guru) sebesar 97 5% (sangat valid). Kemenarikan produk diperoleh berdasarkan hasil uji coba produk dengan hasil sebesar 100% (sangat menarik) untuk uji coba skala kecil dan 98 3% (sangat menarik) untuk uji coba skala besar. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif sudah valid dan menarik serta dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192813

Actions (login required)

View Item View Item