Analisis kinerja metode long short term memory (lstm) pada klasifikasi teks islamofobia / Aji Purbo Cahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kinerja metode long short term memory (lstm) pada klasifikasi teks islamofobia / Aji Purbo Cahyo

Cahyo, Aji Purbo Cahyo (2021) Analisis kinerja metode long short term memory (lstm) pada klasifikasi teks islamofobia / Aji Purbo Cahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Islamofobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap Islam hingga keberadaannya harus dijauhi. Fenomena islamofobia ini tidak hanya terjadi pada dunia nyata tetapi terjadi juga pada dunia maya atau internet. Dengan adanya teknologi internet penyebaran isu islamofobia menjadi lebih cepat dan luas. Media sosial menjadi salah satu tempat untuk menyebarkan isu negatif tersebut. Twitter adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia. Opini masyarakat dalam media sosial twitter mengenai isu islamofobia akan digunakan sebagai data untuk melakukan klasifikasi teks. Algoritma klasifikasi yang digunakan adalah Long Short Term Memory (LSTM). Hasil dari penelitian mendapatkan nilai akurasi tertinggi pada skenario dengan jumlah layer LSTM 3 dan jumlah neuron 50 pada setiap layer LSTM. Nilai akurasi yang dihasilkan adalah 73. 797% presisi 77.237% recall 79.362% dengan mengetahui nilai presisi dan recall maka dapat diketahui pula nilai f1 score yaitu 78.264%. Model optimal dihasilkan dengan skenario yang menggunakan 3 layer LSTM. Selain itu penggunaan 500 neuron pada layer LSTM akan menurunkan akurasi model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192560

Actions (login required)

View Item View Item