Pengembangan game edukasi untuk anak autis menggunakan metode design thinking / Maharani Nadya Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi untuk anak autis menggunakan metode design thinking / Maharani Nadya Raharjo

Raharjo, Maharani Nadya (2021) Pengembangan game edukasi untuk anak autis menggunakan metode design thinking / Maharani Nadya Raharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tracing Line adalah salah satu game yang dikembangkan sebagai game edukasi untuk anak autis. Game ini dikembangkan untuk menjadi media alternatif belajar dan pelatihan bagi anak autis. Proses pengembangan untuk menyusun dan mengumpulkan ide ide pada game edukasi ini menggunakan metode Design Thinking. Untuk menjamin Tracing Line sebagai game edukasi untuk anak autis layak digunakan maka dilakukan pengujian dengan menggunakan instrument System Usability Scale (SUS). Pengujian menggunakan SUS dilakukan secara terstruktur dan teratur secara akurat menggunakan 10 pertanyaan sebagai tolak ukur dari penilaian. Jawaban dari pertanyaan tersebut memiliki skala 1 5 (sangat tidak setuju sangat setuju). Hasil dari pengujian kelayakan Tracing Line sebagai salah satu game edukasi untuk melatih fokus anak autis dengan instrumen SUS mendapatkan nilai sebesar 79.5 yang berarti Tracing Line sebagai game edukasi untuk anak autis dinyatakan Acceptable pada grade C dan B dengan rating Excellent. Berdasarkan dari hasil penilaian diatas dapat disimpulkan bahwa game Edukasi untuk Anak Autis layak untuk digunakan sebagai media alternatif untuk melatih fokus anak autis. Terdapat beberapa saran untuk pengembangan selanjutnya yaitu menambahkan fitur fitur edukatif lainnya seperti pengenalan objek huruf tata krama dan lain lain menambahkan fitur ajakan untuk melenturkan otot sebelum menggunakan aplikasi menambahkan fitur untuk merekam hasil Tracing Line berupa gambar beserta durasi pengerjaan. Tujuannya agar dapat dianalisis untuk melihat korelasi fokus dan interaksi pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192554

Actions (login required)

View Item View Item