Analisis performa mppt berbasis algoritma qhbm untuk mengatasi kondisi bayangan pada PV Array / Nur Hidayatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis performa mppt berbasis algoritma qhbm untuk mengatasi kondisi bayangan pada PV Array / Nur Hidayatullah

Hidayatullah, Nur (2021) Analisis performa mppt berbasis algoritma qhbm untuk mengatasi kondisi bayangan pada PV Array / Nur Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi energi terbarukan dipandang sebagai beberapa solusi paling penting untuk masa depan dan mereka perlu dikembangkan lebih lanjut untuk mengambil alih sebagian besar pasokan energi. Panel surya (PV) merupakan teknologi energi terbarukan berbasis energi matahari yang paling menjanjikan. PV dapat digunakan sebagai sumber listrik di tempat tinggal yang terintergrasi dengan sumber listrik utama ataupun digunakan tanpa terintegrasi dengan sumber listrik utama. Kondisi PV terkena bayangan dapat dipengaruhi oleh letak pemasangan dan perubahan lingkungan yang cepat seperti adanya awan daun dll. Telah diketahui bahwa pada kondisi bayangan menyebabkan kerugian yang signifikan pada kinerja PV sehingga dalam kondisi ini perlu dilakukan evaluasi kinerja PV. Dioda bypass digunakan untuk mengurangi kerugian akibat kondisi bayangan. Namun perilaku modul akan menjadi lebih kompleks karena dioda bypass dapat membantu menyelamatkan operasi PV yang tidak terkena bayangan dan memperkenalkan beberapa puncak daya yaitu GMPP (Global Maximum Power Point) dan LMPP (Local Maximum Power Point). Pada penelitian ini akan dibahas mengenai penerapan teknik MPPT berbasis Queen Honey Bee Migration (QHBM) untuk mengatasi kondisi bayangan pada PV array. QHBM telah diterapkan pada pengaplikasian lainya dan hasil komputasi algoritma tersebut lebih cepat daripada algoritma lainnya. Serta algoritma tersebut juga digunakan untuk MPPT pada jaringan listrik dengan PV tunggal yang memberikan kecepatan pelacakan lebih cepat daripada algoritma lainnya. Oleh sebab itu pada penelitian ini menggunakan algoritma QHBM untuk melacak titik daya maksimum global panel surya. Penelitian ini memiliki 2 pengujian yaitu pengujian saat kondisi bayangan dan kondisi penyinaran seragam. Hasil simulasi tersebut berfungsi untuk memverifikasi performa QHBM. Kemudian hasil pengujian saat PV kondisi bayangan dibandingkan dengan hasil pengujian lain yaitu PV kondisi penyinaraan seragam dan MPPT menggunakan algoritma lainnya (Perturb and Observe Incremental Conductance Fuzzy Logic Control GWO dan CSA) untuk mengetahui performa dan kinerja teknik tersebut. Berdasarkan dari hasil yang telah didapat performa QHBM dalam kondisi bayangan maupun penyinaran seragam memiliki keakuratan yang sama baiknya. Selain itu QHBM lebih baik dalam hal kecepatan komputasi ketahanan dalam steady-state respon dinamis dan margin kesalahan terhadap nilai referensi dibandingkan dengan algoritma lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192545

Actions (login required)

View Item View Item