Analisis sistem informasi akuntansi pembelian tunai bahan baku pr. abdi jaya malang / JANITRA MAYA SAPUTRI DAMI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem informasi akuntansi pembelian tunai bahan baku pr. abdi jaya malang / JANITRA MAYA SAPUTRI DAMI

Dami, Janitra Maya Saputri Dami (2021) Analisis sistem informasi akuntansi pembelian tunai bahan baku pr. abdi jaya malang / JANITRA MAYA SAPUTRI DAMI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem informasi akuntansi adalah sistem akuntansi berbasis komputerisasi yang mengolah data keuangan yang berhubungan dengan data transaksi dalam siklus akuntansi dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan kepada manajemen perusahaan sehinga member dampak yang nyata dalam pembelihan bahan baku secara tunai agar sistem aktivitas akuntansi secara efisien dan akurat dengan mekanisme yang jelas. Tujuan penelitian adalah memberikan gambaran sistem informasi akuntansi pembelian tunai bahan baku tembakau dan menganalisis sistem informasi akuntansi pembelian tunai bahan baku tembakau di PR. Abdi Jaya Malang telah terorganisasi dengan baik. Penelitian menggunakan pendekatan eksploratif adalah mengidentifikasi suatu sasaran secara relatif yaitu untuk mengetahui sebab atau hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu dengan penerapan sistem informasi pada pembelian Bahan Baku Tembakau Secara Tunai Di Pabrik Rokok Abadi Jaya Malang. Sumber data dalam penelitian ini memakai data primer dan data sekunder. Tahapan analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan belum melakukan pemisahan tanggung jawab fungsional pada bagian keuangan sebagai pemegang fungsi kas dan fungsi pencatat transaksi kondisi ini menyebabkan terjadinya kecurangan seperti kecurangan dalam pencatatan kuantitas dengan harga bahan baku yang dibeli. Dalam aktivitas pembelian bahan baku adanya penggabungan bagian bagian penerimaan dengan bagian gudang menjadikan peran dari bagian penerimaan tidak dapat berjalan sesuai dengan ketentuan atau prosedur yang telah ditetapkan sehingga tingkat kebutuhan bahan baku tidak dapat diketahui secara benar. Sistem akuntansi pembelian bahan baku belum sesuai prosedur dan berjalan dengan baik ditinjau dari landasan teori dan masih harus di kaji ulang karena masih terdapat beberapa kelemahan yang fatal dan kelemahan-kelemahan ini jika tidak diperhatikan akan menyebabkan tujuan dari perusahaan tidak dapat dicapai yaitu adanya penggabungan bagian yang terkait dengan pembelian bahan baku sehingga memicu terjadinya kecurangan dalam proses taransaksi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192533

Actions (login required)

View Item View Item