Pengaruh materialism terhadap compulsive buying melalui self-esteem (studi pada konsumen muda produk fashion di Mal Olympic Garden kota Malang) / Yozha Anggy Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh materialism terhadap compulsive buying melalui self-esteem (studi pada konsumen muda produk fashion di Mal Olympic Garden kota Malang) / Yozha Anggy Cahyani

Cahyani, Yozha Anggy (2021) Pengaruh materialism terhadap compulsive buying melalui self-esteem (studi pada konsumen muda produk fashion di Mal Olympic Garden kota Malang) / Yozha Anggy Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Munculnya globalisasi membuat jarak antar negara terasa semakin dekat. Globalisasi juga membawa dampak pada perubahan pola konsumsi masyarakat. Salah satunya mengenai perkembangan fashion yang juga menjadi fokus berbagai kalangan masyarakat. Berbagai macam produk fashion tampil dihadapan masyarakat. Generasi muda menyukai perkembangan fashion dan tren oleh sebab itu generasi ini lebih dominan memiliki hasrat belanja yang tinggi. Kepuasan saat berbelanja mendatangkan kenikmatan tersendiri dalam jangka waktu lama hal ini dapat menimbulkan adanya sikap materialisme. Tidak dapat dipungkiri hal ini juga menjadi strategi individu generasi muda dalam bersaing dengan individu lainnya untuk memperlihatkan kemampuan diri dihadapan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materialism terhadap compulsive buying melalui self-esteem. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah Compulsive Buying (Y) dan variabel eksogen adalah Materialism (X) sedangkan untuk variabel mediasi adalah Self-esteem (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini yakni konsumen muda Mal Olympic Garden Malang yang telah melakukan pembelian berulang produk fashion. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 187 responden yang dihitung menggunakan rumus Daniel Terrel. Kemudian uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materialism terhadap compulsive buying self-esteem terhadap compulsive buying materialism terhadap self-esteem dan materialism terhadap compulsive buying melalui self-esteem berpengaruh positif dan signifikan. Perusahaan diharapkan dapat memanfaatkan peluang dengan selalu memperhatikan perkembangan fashion pada setiap tenant yang bergabung agar tepat sasaran pada target pasar Mal Olympic Garden Malang. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya berdasarkan nilai yang diperoleh dari efek mediasi variabel self-esteem tidak berkontribusi banyak dalam menciptakan compulsive buying pada konsumen muda Mal Olympic Garden Malang. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan jika variabel self-esteem diterapkan sebagai mediator maka sikap pembelian kompulsif terhadap produk fashion Mal Olympic Garden menurun. Oleh karena itu maka peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih luas dengan mempertimbangkan variabel lain yang mempengaruhi self-esteem misalnya money attitude credit card use percieved social status dan attitude towards shopping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192527

Actions (login required)

View Item View Item