Pengaruh brand prestige terhadap emotional satisfaction melalui brand trust (studi pada mahasiswa perguruan tinggi negeri pengguna smartphone merek apple iphone di kota Malang) / Salsabila Sukma Putri Wali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand prestige terhadap emotional satisfaction melalui brand trust (studi pada mahasiswa perguruan tinggi negeri pengguna smartphone merek apple iphone di kota Malang) / Salsabila Sukma Putri Wali

Wali, Salsabila Sukma Putri (2021) Pengaruh brand prestige terhadap emotional satisfaction melalui brand trust (studi pada mahasiswa perguruan tinggi negeri pengguna smartphone merek apple iphone di kota Malang) / Salsabila Sukma Putri Wali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan teknologi semakin pesat beragam teknologi baru bermunculan demi memenuhi kebutuhan mobilitas manusia. Pengembangan teknologi komunikasi yang awalnya hanya diciptakan untuk keperluan berkomunikasi saat ini juga dikembangkan demi memuaskan keperluan aktualisasi diri para penggunannya. Kecenderungan ini yang menyebabkan keperluan akan smartphone menjadi kebutuhan yang saat ini telah melekat pada setiap orang. Hal ini menyebabkan smartphone dengan harga mahal atau yang memiliki nilai prestige banyak diminati oleh masyarakat terutama kalangan mahasiswa sebagai ajang aktualisasi diri. Sisi prestige pada sebuah smartphone bisa jadi pemicu emotional satisfaction pada penggunanya terutama pada usia remaja menuju dewasa seperti para mahasiswa karena bisa memperlihatkan status penggunanya. Apabila sisi prestige pada smartphone diikuti dengan brand trust yang baik dari sebuah merek smartphone maka hal tersebut akan semakin mendorong munculnya emotional satisfaction penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand prestige terhadap emotional satisfaction melaluibrand trust pada mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Malang pengguna smartphone merek Apple iPhone. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif dan eksplanatori. Terdapat tiga jenis dalam penelitian ini yaitu variabel independen adalah brand prestige (X) variabel dependen adalah emotional satisfaction (Y) dan variabel mediasi adalah brand trust (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Malang pengguna smartphone merek Apple iPhone kurang lebih 1 tahun. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 200 responden yang dihitung menggunakan rumus Daniel Terrel yang kemudian melakukan uji kelayakan instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand prestige berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional satisfaction kemudian brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional satisfaction lalu brand prestige berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust dan brand prestige berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional satisfaction melalui brand trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192526

Actions (login required)

View Item View Item