Penurunan kadar zat warna tekstil dari limbah cair menggunakan nanokomposit ZnO/silika aerogel / Hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penurunan kadar zat warna tekstil dari limbah cair menggunakan nanokomposit ZnO/silika aerogel / Hamidah

Hamidah (2021) Penurunan kadar zat warna tekstil dari limbah cair menggunakan nanokomposit ZnO/silika aerogel / Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Limbah pewarna menjadi sumber pencemaran air terbesar beberapa tahun terakhir akibat meningkatnya laju industri tekstil di Indonesia. Limbah pewarna menghasilkan polutan yang sulit didegradasi secara alami. Zat pewarna tekstil yang sering digunakan di antaranya adalah remazol red dan metilen biru. Salah satu teknik pengolahan limbah yang cukup efektif yaitu menggunakan fotokatalisis. ZnO adalah salah satu semikonduktor yang dapat digunakan sebagai fotokatalis. Pada proses fotokatalisis rendahnya daya adsorpsi ZnO dan kemungkinan terjadinya agregasi (penggabungan antar partikel) pada ZnO dapat menurunkan fungsi dan aplikasi potensial ZnO sebagai fotokatalis. Kelemahan ZnO tersebut diatasi dengan menambahkan matriks penyangga silika aerogel membentuk material nanokomposit ZnO/silika aerogel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan nanokomposit ZnO/silika aerogel dalam menurunkan kadar zat warna remazol red dan methylene blue. Pengaruh variasi bantuan penyinaran (sinar UV sinar matahari dan tanpa penyinaran) juga diamati pada penelitian ini. Metode penelitian yang dilakukan meliputi enam tahapan yaitu (1) Ekstraksi silika (SiO2) dari abu bagasse (2) Sintesis silika aerogel dengan metode sol-gel (3) Karakterisasi silika aerogel menggunakan FTIR (4) Sintesis nanokomposit ZnO/silika aerogel dengan metode lelehan garam (5) Karakterisasi nanokomposit ZnO/silika aerogel menggunakan XRD (6) Aplikasi nanokomposit ZnO/silika aerogel pada zat warna remazol red dan methylene blue.. Hasil penelitian menunjukkan nanokomposit ZnO/silika aerogel dapat mendegradasi zat warna remazol red pada variasi bantuan sinar matahari sinar UV dan tanpa penyinaran dengan persentase sebesar 10 86% 13% dan 13 46% sedangkan untuk zat warna methylene blue dengan variasi bantuan yang sama sebesar 97 2% 94 24% dan 86 50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192515

Actions (login required)

View Item View Item