Diharja, Khafied Muhammad (2021) Persepsi konsumen terhadap penerapan maskot “Osi & Ji†di kemasan produk Bolen Malang Fairuziba / Khafied Muhammad Diharja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penerapan maskot Osi dan Ji di kemasan produk Bolen Malang Fairuziba merupakan hasil sosialisasi ADGI pada acara Festival Mbois 5. Bolen Malang Fairuziba menerapkan maskot Osi dan Ji di kemasan produknya dengan tujuan ingin agar produknya dapat dikenal dimana saja bahwa Bolen Malang Fairuziba merupakan oleh-oleh khas Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap penerapan maskot Osi dan Ji dikemasan produk Bolen Malang Fairuziba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 10 konsumen. pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan, melakukan wawancara kepada konsumen, serta studi dokumentasi dari ADGI Malang serta desainer maskot Osi dan Ji. Peneliti melakukan observasi ketempat Dinas Perinudstrian dan Perdagangan serta, Bolen Malang Fairuziba. Peneliti melakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Peneliti membandingkan data yang didapatkan dari informan/narasumber. Peneliti berusaha untuk melakukan wawancara pada, konsumen, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, pemilik UMKM , Asosiasi Desain Grafis Indonesia Malang serta desainer dari Osi dan Ji. Kemudian data dianalisis menggunakan teori komunikasi Harold Lasswell untuk melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan Who, merupakan ADGI Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang serta pemilik Bolen Malang Fairuziba. Says What, simbol Maskot Osi dan Ji bermakna identitas untuk Bolen Malang dengan bentuk persuasif. In What Channel, Kemasan Bolen Malang Fairuziba yang sudah distandarisasi dan juga Instagram sebagai media pendukung. To Whom, Konsumen yang dikategorikan dalam usia dewsa yang menyukai makanan manis atau kue serta mempunyai interaksi sosial yang tinggi baik online dan offline. With What Effect, menimbulkan perbedaan pandangan pada konsumen yang berkaitan Maskot Osi dan Ji sebagai maskot Kota Malang dalam konteks kesesuaian desain. Adanya brand awareness dari konsumen dalam tingkatan brand recognation. Adanya efek persuasif pada konsumen mengenai keaslian Bolen Malang Fairuziba sebagai oleh-oleh khas Malang dan juga informatif yang merujuk pada wilayah Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/192491 |
Actions (login required)
View Item |