Keefektifan teknik sinema edukasi secara online untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa smp / Mentari Andika Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik sinema edukasi secara online untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa smp / Mentari Andika Putri

Putri, Mentari Andika Putri (2021) Keefektifan teknik sinema edukasi secara online untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa smp / Mentari Andika Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh siswa. Meski demikian, masih banyak siswa yang belum menerapkan kedisiplinan belajar seperti tidak mengerjakan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, dan malas belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat hasil penyebaran data awal pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gondang. Didapati sebanyak 70% siswa yang belum menerapkan kedisiplinan belajar. Salah satu teknik bimbingan yang diduga efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar adalah sinema edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik sinema edukasi secara online untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Desain One Group Pretest-Posttest. Responden berjumlah 8 siswa yang diperoleh dengan purposive sampling menggunakan instrumen skala disiplin belajar. Subjek dipilih berdasarkan skor skala disiplin belajar yang rendah. Item-item dalam instrumen dikembangkan berdasarkan tiga indikator yang dipaparkan oleh Juliandi (2014) yaitu mengumpulkan tugas tepat waktu, mengerjakan tugas PR, dan belajar rutin. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen, terdapat sebanyak 51 item yang valid, dan nilai reliabilitas sebesar 0,937 lebih besar dari 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa skala disiplin belajar yang dirancang telah dipercaya sebagai alat ukur penelitian. Treatment yang diberikan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sinema edukasi yang dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan dengan menayangkan tiga film yang berbeda dan dilakukan selama tiga minggu. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian melalui Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,012 > 0.05 yang berarti berarti bahwa teknik sinema edukasi secara online efektif untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi konselor sekolah dalam melakukan treatment kepada siswa yang mempunyai kedisiplinan belajar rendah sehingga dapat meningkat. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dan menambahkan jumlah sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192484

Actions (login required)

View Item View Item