Kecakapan kewirausahaan peserta didik (studi fenomenologi di LKP Kresna Informatika Kabupaten Tulungagung) / Usup - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecakapan kewirausahaan peserta didik (studi fenomenologi di LKP Kresna Informatika Kabupaten Tulungagung) / Usup

Usup (2020) Kecakapan kewirausahaan peserta didik (studi fenomenologi di LKP Kresna Informatika Kabupaten Tulungagung) / Usup. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Usup. 2020. Kecakapan Kewirausahaan Pada Peserta Didik (Studi Fenomenologi di LKP Kresna Informatika Kabupaten Tulungagung). Disertasi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. (II) Dr. Hardika M.Pd. (III) Dr. Endang Sri Redjeki M.S. Kata kunci kewirausahaan lembaga kursus dan pelatihan Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) Pelaksanaan program LKP Kresna Informatika dalam membentuk kecakapan kewirausahaan (2) Hasil pelaksanaan program LKP Kresna Informatika dalam membentuk kecakapan kewirausahawan dan (3) Apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program LKP Kresna Informatika untuk membentuk kecakapan kewirausahaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder data primer yaitu koordinator program LKP pemimpin LKP fasilitator LKP dan peserta didik LKP sedangkan data sekunder adalah dokumen lembaga buku jurnal dan lain sebaginya yang berikatan dengan permasalah penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terlaksananya program 4 in 1 yang diawali dengan identifikasi kebutuhan peserta didik dengan menyesuaikan kebutuhan pasar. Pengambilan instrukutur menyesuikan dengan kompetensi yang sesuai dengan bidangnya dengan program LKP. Dalam menunjang program terlaksannya berbagai macam upaya seperti kunjungan ke perusahaan yang menjalin kerjasama dengan LKP. Berkalaborasi dengan jurusan lain. Bimbingan dan penyuluhan dilakukan oleh Disnaker yang bertujuan memberikan pandangan tentang bagaimana dunia kerja. (2) terlaksananya program 4 in 1 dapat dikatakan berhasil dengan melihat pada prospek peserta didik yang memiliki kecakapan kewirausahaan. Peserta didik mendapatkan prestasi berbekal skill dari lembaga pelatihan keterampilan berubahnya keterampilan yang dirasakan para peserta didik. (3) kendala terlaksananya prgram 4 in 1 merupakan faktor internal yaitu niat yang berbeda antar peserta didik yang kruang kondusif pada proses pembelajaran sehingga kesempatan tidak mengikuti program. Peserta didik yang mempunyai latar belakang berbeda menjadikan peserta didik tidak intensif mengikuti proses pembelajaran di LKP. v Saran penelitian ini ditujukan kepada (1) Pimpinan lembaga diharapkan untuk meningkatkan pengawasan kepada program yang dilaksanakan. Contohnya ketika peserta didik izin tidak masuk tanpa keterangan pada program diberikan sanksi. Sanksi berupa penambahan keterampilan. (2) Pemberian tes kepada peserta didik tentang bakat dan minta sebelum memasuki program di LKP. (3) Nampaknya ada perbedaan minat dan bakat setiap peserta didik pada proses pembelajaran sebaiknya dibuat group agar setiap peserta didik saling membantu dan terciptanya suasana yang kondusif. (4) LKP diharapkan membuat peraturan mengenai program yang diaplikasikanya agar tercapainya tujuan pada masing-masing kegiatan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S3 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192477

Actions (login required)

View Item View Item