Hubungan percaya diri, motivasi berprestasi, dengan berpikir kreatif siswa. / Agung Slamet Kusmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan percaya diri, motivasi berprestasi, dengan berpikir kreatif siswa. / Agung Slamet Kusmanto

Kusmanto, Agung Slamet Kusmanto (2021) Hubungan percaya diri, motivasi berprestasi, dengan berpikir kreatif siswa. / Agung Slamet Kusmanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Individu kreatif adalah kunci dari generasi yang unggul yang harus menguasai dan peka terhadap perubahan dunia sebagai dampak hadirnya revolusi industri. Individu yang kreatif haruslah pula memiliki pemikiran yang kreatif agar mampu bersaing dalam menghadapi tantangan. Komponen kemampuan berpikir kreatif berdasarkan analisis Guilford (1967) meliputi Kelancaran (fluency) Keluwesan (flexibility) Keaslian (originality) Penguraian (elaboration) dan Perumusan kembali (redefinition). Berpikir kreatif dengan faktor yang mengikutinya terkait motivasi berprestasi kepercayaan diri siswa akan hanya berpikir tentang hasil saja bukan melihat bagaimana prosesnya bahkan dapat membentuk kreativitas yang salah dan kreatif tidak pada tempatnya. Motivasi berprestasi adalah dorongan ingin tahu dorongan ingin sukses dan dorongan ingin bekerjasama dalam melakukan aktivitas belajar guna mencapai tujuan belajar. Percaya diri adalah pandangan realistis terhadap diri sendiri yang dapat digambarkan memiliki statement yang positif yang percaya terhadap kemampuan dan harapan atas dirinya dan pandangan tersebut merefleksikan dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan model antara berpikir kreatif motivasi berprestasi percaya diri sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan seberapa besar pengaruh model hubungan antara berpikir kreatif dengan percaya diri siswa SMP Kab. Kudus (2) menjelaskan seberapa besar pengaruh model hubungan antara berpikir kreatif dengan motivasi berprestasi siswa SMP Kab. Kudus (3) menjelaskan seberapa besar pengaruh model hubungan antara motivasi berprestasi dengan percaya diri siswa SMP Kab. Kudus Populasi penelitian terdiri siswa SMP N kabupaten Kudus dengan pengambilan sampel secara klaster random sampling sejumlah 456 siswa. Instrumen menggunakan skala yang mengukur tentang berpikir kreatif dengan reliabilitas sebesar 0 758 (reliabel) kemudian instrumen yang dibuat ada 2 iten yang kurang valid yaitu item no 15 (0 019) dan 16 (0 04) motivasi berprestasi dengan reliabilitas sebesar 0 731 (reliabel) instrumen yang dibuat ada 1 item yang kurang valid hanya item no 24 (-0 028). percaya diri dengan reliabilitas sebesar 0 699 (reliabel) kemudian instrumen yang dibuat ada 1 item yang kurang valid yaitu item no 19 (0 086). Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dibantu dengan program IBM Statistic SPSS 26.0. Hasil uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov Test menunjukkan bahwa sebaran data dari variabel percaya diri dan motivasi berprestasi telah terdistribusi mengikuti kurva normal sedangkan pada variabel berpikir kreatif sebaran datanya tidak berdistribusi nomal karena lt 0 05 dengan uji heteroskedastisitas tidak terjadi pola tertentu sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi heteroskedastisitas dan Uji asumsi multikolineritas diketahui Variance Inflation Factor dari tiap variabel lebih kecil dari 10 maka tidak terjadi multikolinieritas atau non multikolinieritas. Kesimpulan sebagai berikut (1) terdapat pengaruh percaya diri motivasi berprestasi terhadap berpikir kreatif siswa (2) Jalur pengaruh yang terbukti secara empiris sebagai berikut (a) Hasil analisis data menunjukkan bahwa percaya diri secara positif tetapi tidak signifikan berpengaruh terhadap motivasi berprestasi (0 034 dengan p 0 467 (b) Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi berprestasi secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap berpikir kreatif (0 194 dengan p 0 000) dan (c) Hasil analisis data menunjukkan bahwa percaya diri secara negatif tetapi signifikan memiliki pengaruh terhadap berpikir kreatif (-0 101 dengan p 0 013) . Berdasarkan temuan penelitian maka disarankan 1. Kepada para siswa-siswi diharapkan untuk terus berupaya mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan memperhatikan cara berpikir kreatif melalui motivasi berprestasi percaya diri sehingga diharapkan memiliki prestasi yang membanggakan. 2. Kepada konselor sekolah Dalam membantu siswa dalam mengoptimalkan perkembangannya baik dalam aspek kognitif afektif dan psikomotornya Konselor sekolah hendaknya lebih menekankan pada sikap kreatif siswa terutama pada berpikir kreatif motivasi dan percaya diri siswa sehingga membentuk siswa dengan perkembangan yang komperhensif. 3. Peneliti lanjut Penelitian ini dilaksanakan dengan keterbatasannya seperti sebagai contoh dalam pengambilan data dikarenakan dalam situasi pandemik covid-19 yang sedang melanda. Maka penelitian ini dapat dijadikan pijakan pada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian sejenis dengan populasi yang lebih luas sehingga diperoleh genaralisasi yang lebih luas dan dapat memenuhi kekurangan tersebut dengan pemikiran-pemikiran baru. Selain itu diharapkan pula dapat memperkuat bukti empiris mengenai model berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192473

Actions (login required)

View Item View Item