pengaruh strategi pembelajaran mobile blended problem based learning (mbpbl) dan mathematics anxiety terhadap pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika / ahmad kholiqul amin - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh strategi pembelajaran mobile blended problem based learning (mbpbl) dan mathematics anxiety terhadap pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika / ahmad kholiqul amin

Amin, Ahmad Kholiqul Amin (2021) pengaruh strategi pembelajaran mobile blended problem based learning (mbpbl) dan mathematics anxiety terhadap pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika / ahmad kholiqul amin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada abad 21 siswa dituntut akan sumber daya manusia yang siap berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah dan fasih bekerja di dalam jaringan internet. Perkembangan teknologi informasi pada abad 21 memberikan tantangan dan kesempatan bagi siswa dalam mengembangkan diri melalui jaringan internet. Hal tersebut juga sesuai dengan tujuan pendidikan ditingkat SMA Bojonegoro Jawa Timur yakni melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi/jaringan internet. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pengujian suatu strategi pembelajaran yang sesuai abad 21. Strategi Mobile Blended Problem Based Learning (MBPBL) menjadi strategi pembelajaran alternatif yang cocok untuk memenuhi kriteria hasil belajar siswa yang mampu berkolaborasi menyelesaikan masalah dengan tim mereka. Pembelajaran ini merupakan kombinasi antara pembelajaran dalam kelas dengan tatap muka dan pembelajaran di kelas digital. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menguji perbedaan yang signifikan pemahaman matematika siswa antara strategi MBPBL dan strategi PBL. 2) Menguji perbedaan yang signifikan pemahaman matematika siswa yang mempunyai MA tinggi dan MA rendah. 3) Menguji interaksi antara strategi pembelajaran dengan MA terhadap pemahaman matematika siswa. 4) Menguji perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara strategi MBPBL dan PBL. 5) Menguji perbedaan yang signifikan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa antara siswa yang mempunyai siswa MA tinggi dan MA rendah. 6) Menguji interaksi antara strategi pembelajaran dan MA terhadap kemampunan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian ini menggunakan desain pretest-postest nonequivalent control group dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi pada penelitian adalah siswa SMKN se Kab. Bojonegoro pada kelas XI. Teknik sampling menggunakan stratified cluster random sampling dengan jumlah sampel 6 kelas yang terdiri dari 188 siswa. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas variabel moderator dan variabel terikat. Variabel bebas yang dimaksud adalah strategi pembelajaran MBPBL dan strategi pembelajaran PBL. Variabel moderator dalam penelitian ini adalah mathematics anxiety (MA) yang diklasifikasikan menjadi dua yakni 1) MA rendah 2) MA tinggi sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrument pada penelitian ini meliputi 1) kuesioner mathematics anxiety 2) tes pemahaman matematika siswa 3) tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic MANOVA faktorial 2x2 pada taraf signifikansi 5% ( alpha 0 05). Hasil penelitian ini memperlihatkan 1) Ada perbedaan yang signifikan pemahaman matematika siswa antara strategi MBPBL dan strategi PBL. 2) Ada perbedaan yang signifikan pemahaman matematika siswa yang mempunyai MA tinggi dan MA rendah. 3) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan MA terhadap pemahaman matematika siswa. 4) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara strategi MBPBL dan PBL. 5) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa antara siswa yang mempunyai siswa MA tinggi dan MA rendah. 6) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dan MA terhadap kemampunan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan strategi pembelajaran MBPBL terbukti menghasilkan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang lebih baik dibandingkan dengan PBL. Oleh karena itu dapat direkomendasikan kepada 1) seluruh civitas akademika khususnya pada tingkat sekolah menengah atas agar hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi alternative pemilihan strategi pembelajaran 2) siswa agar memilih strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi baik seperti mencari sumber belajar berkolaborasi dan managemen 3) Dosen/Peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan dalam konteks yang lebih luas dan pada bidang keilmuan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192464

Actions (login required)

View Item View Item