Pengaruh Networked Collaborative Learning dan Self-directed Learning Readiness terhadap hasil belajar pemahaman dan analisis konsep / Zulnuraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Networked Collaborative Learning dan Self-directed Learning Readiness terhadap hasil belajar pemahaman dan analisis konsep / Zulnuraini

Zulnuraini (2021) Pengaruh Networked Collaborative Learning dan Self-directed Learning Readiness terhadap hasil belajar pemahaman dan analisis konsep / Zulnuraini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi Web dan jejaring sosial memiliki potensi untuk menghasilkan pembelajaran dan pengajaran yang inovatif. Perkembangan dalam media sosial dan teknologi jaringan menghasilkan lingkungan belajar yang lebih fleksibel terbuka dan mudah diakses.. Networked collaborative learning (NCL) adalah strategi pembelajaran kolaboratif jejaring yang didukung hubungan timbal balik (peer) di dalam pembelajaran informal . Dalam arti luas melalui proses kolaborasi pebelajar diberi kesempatan tidak hanya untuk menemukan cara belajar baru dan bekerja sama dalam lingkungan virtual tetapi juga untuk membangun interaksi sosial dan membangun jaringan kolaborasi selama pembelajaran. Self-directed learning readiness dimana seseorang memiliki inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain untuk menganalisis kebutuhan belajar merumuskan tujuan belajar mengidentifikasi sumber-sumber belajar memilih dan melaksanakan strategi belajar yang sesuai serta mengevaluasi hasil belajarnya sendiri bisa menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran jaringan Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan yaitu untuk menguji 1)Perbedaan hasil belajar pemahaman konsep antara kelompok yang diajar dengan menggunakan model networked collaborative learning dan diskusi 2)Perbedaan hasil belajar analisis konsep antara kelompok yang diajar dengan menggunakan model networked collaborative learning dan diskusi 3)Perbedaan hasil belajar pemahaman konsep antara pebelajar yang memiliki self-directed learning readiness tinggi dengan rendah 4) Perbedaan hasil belajar analisis konsep antara pebelajar yang memiliki self-directed learning readiness tinggi dan rendah 5) Interaksi antara model networked collaborative learning dan self-directed learning readiness terhadap hasil belajar pemahaman konsep 6) Interaksi antara model networked collaborative learning dan self-directed learning readiness terhadap hasil belajar analisis konsep. Desain penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan faktorial 2 x 2. Jumlah subjek yang dilibatkan sebanyak 160 orang pebelajar yang menempuh matakuliah Pengantar Pendidikan pada Program Studi Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol yang tidak ditentukan secara acak. Strategi networked collaborative learning diterapkan pada kelompok eksperimen sedangkan untuk kelompok kontrol menggunakan diskusi . Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur tingkat self-directed learning readiness pebelajar sementara tes digunakan untuk mengukur pemahaman dan analisis konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan level alpa 0 05. Hasil dari penelitian ini adalah (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman konsep antara kelompok yang diajar dengan menggunakan model networked collaborative learning dan diskusi (2) terdapat Perbedaan hasil belajar analisis konsep antara kelompok yang diajar dengan menggunakan model networked collaborative learning dan diskusi (3)Tidak terdapat perbedaan hasil belajar pemahaman konsep antara pebelajar yang memiliki self-directed learning readiness tinggi dengan rendah (4) Terdapat perbedaan hasil belajar analisis konsep antara pebelajar yang memiliki self-directed learning readiness tinggi dan renda (5) Tidak terdapat Interaksi antara model networked collaborative learning dan self-directed learning readiness terhadap hasil belajar pemahaman konsep (6) Terdapat Interaksi antara model networked collaborative learning dan self-directed learning readiness terhadap hasil belajar analisis konsep.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 10 Oct 2023 02:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192463

Actions (login required)

View Item View Item