Pengaruh strategi pelatihan kompetensi mengajar yang mengintegrasikan project based e-learning dan motivasi terhadap kinerja guru madrasah iftidqiyah nahdatul watan 1 dan 2 / Donna Boedi Maritasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pelatihan kompetensi mengajar yang mengintegrasikan project based e-learning dan motivasi terhadap kinerja guru madrasah iftidqiyah nahdatul watan 1 dan 2 / Donna Boedi Maritasari

Maritasari, Donna Boedi Maritasari (2021) Pengaruh strategi pelatihan kompetensi mengajar yang mengintegrasikan project based e-learning dan motivasi terhadap kinerja guru madrasah iftidqiyah nahdatul watan 1 dan 2 / Donna Boedi Maritasari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maritasari Boedi Donna. 2021. Pengaruh Strategi Pelatihan Kompetensi Mengajar Yang Mengintegrasikan Project Based E-Learning dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Iftidqiyah Nahdatul Watan 1 dan 2. Disertasi. Program Studi S3 Teknologi Pembelajaran . Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punadji Setyosari M. Pd. M.Ed. Pembimbing. (2) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Pembimbing. (3) Dr. Henry Praherdiono M.Si. Kata kunci project based e-learning motivasi belajar kompetensi dan kinerja guru Peningkatan kinerja guru adalah sebagai bentuk peningkatan kualitas pendidikan. Kinerja guru merupakan sebuah prestasi atau hasil kerja yang telah dicapai oleh seorang guru ketika menjalankan dan melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dalam pemenuhan kualitas pendidik diperlukan strategi peningkatan kinerja guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kompetensi pedagogik dan kepribadian guru yaitu model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pengembangan pada penelitian melaksanakan model pembelajaran project based e-learning. Penggunaan project based project based e-learning berfokus pada optimalisasi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran project based e-learning dan motivasi belajar terhadap kompetensi dan kinerja guru Madrasah Iftidqiyah Nahdatul Watan 1 dan 2. Pada penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variabel perlakuan terhadap kemenarikan dan keefektifan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen (quasi-experimental design). Jenis penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi project based e-learning dan motivasi mengajar terhadap kompetensi dan kinerja guru. Rancangan penelitian ini adalah non-equivalent control group design faktorial 2 x 2 penelitian ini tidak mengunakan random assignment (penugasan acak) tetapi menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data penelitian adalah guru dari berbagai program studi pendidikan antara lain prodi fisika kimia dan matematika pada Madrasah Iftidqiyah Nahdatul Watan 1 dan 2 pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik instrumen penelitian. Data dianalisis dengan Asumsi dasar yang harus dipenuhi sebelum data analisis dengan menggunakan teknik analisis MANOVA adalah (1) sebaran data bersifat normal dan (2) data homogen. Hasil penelitian ini adalah (1) Ditemukan adanya pengaruh strategi project based e-learning terhadap kompetensi pedagogik guru. Hal ini dilihat dari nilai yang signifikan yaitu p lt 0.05 dan rata-rata kompetensi pedagogik guru yang mengunakan strategi project based e-learning lebih tinggi d bandingkan menerapakan strategi PjBL saja (2) Ditemukan adanya pengaruh strategi project based e-learning terhadap kinerja guru. Hal ini dilihat dari nilai yang signifikan yaitu p lt 0.05 dan rata-rata kinerja guru yang menggunakan strategi project based e-learning lebih tinggi dibandingkan menerapakan strategi PjBL (3) Ditemukan adanya perbedaan kompetensi pedagogik guru pada pebelajar yang memiliki motivasi tinggi jika dibandingkan dengan pebelajar yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata kompetensi pedagogik guru pada pebelajar yang memiliki motivasi belajar tinggi terhadap pebelajar yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perbedaan yang signifikan yaitu p lt 0.05 (4) Ditemukan adanya perbedaan kinerja guru yang memiliki motivasi belajar tinggi dibandingkan dengan pebelajar yang memaiki motivasi belajar rendah. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata kinerja guru pada pebelajar yang memiliki motivasi belajar tinggi terhadap pebelajar yang memiliki motivasi belajar rendah dengan perbedaan yang signifikan yaitu p lt 0.05 (5) Ditemukan adanya interaksi antara penerapan strategi project based e-learning dan motivasi belajar tinggi terhadap kompetensi pedagogik guru. Hal ini dilihat dari nilai yang signifikan yaitu p lt 0 05 dan rata-rata kompetensi pedagogik guru yang menerapkan strategi project based e-learning pada pebelajar yang memiliki motivasi belajar tinggi sebesar 6.2500 dibandingkan dengan nilai rata-rata pebelajar yang menerapkan strategi PjBL yang memiliki motivasi belajar tinggi sebesar 4.2341 dan (6) Ditemukan adanya interaksi antara penerapan strategi project based e-learning dan motivasi belajar tinggi terhadap kinerja guru. Hal ini dilihat dari nilai yang signifikan yaitu p lt 0 05 dan rata-rata kinerja guru yang memiliki motivasi belajar tinggi 64.0787 dibandingkan pebelajar yang menerapkan strategi PjBL serta memiliki motivasi belajar tinggi sebesar 53.4761. Dengan demikian strategi project based e-learning memiliki keunggulan daripada strategi PjBL tanpa berbantuan e-learning dalam pencapaian terhadap kompetensi dan kinerja guru Madrasah Iftidqiyah Nahdatul Watan 1 dan 2.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192462

Actions (login required)

View Item View Item