pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal kabupaten maluku barat daya di kelas iv sd kristen tutuwaru / jekriel septory - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal kabupaten maluku barat daya di kelas iv sd kristen tutuwaru / jekriel septory

Septory, Jekriel Septory (2021) pengembangan bahan ajar berbasis budaya lokal kabupaten maluku barat daya di kelas iv sd kristen tutuwaru / jekriel septory. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septory Jekriel. 2020. Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Maluku Barat Daya di Kelas IV SD Kristen Tutuwaru. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata Kunci Bahan Ajar IPS Budaya Lokal Budaya lokal merupakan tradisi dan kebiasaan yang sudah tertanam dan berkembang di lingkungan masyarakat tertentu. Sehingga nilai-nilai budaya budaya lokal perlu dilestarikan secara terus menerus agar tetap terjaga dari generasi ke generasi. Dengan demikian dibutuhkan bahan ajar yang dapat mengintegrasikan budaya lokal ke dalam buku teks sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan harus disesuaikan dengan karakteristik dan lingkungan tempat tinggal siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangkan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal Kabupaten Maluku Barat Daya pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Yang terdiri dari buku siswa dan buku guru. Selain itu untuk menguji kelayakan keefektifan dan kepraktisan bahan ajar ini dilakukan melalui uji validasi ahli dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan research and Development (R amp D). Model pengembagan yang digunakan yaitu 4-D dengan teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Produk yang telah ditulis divalidasi oleh ahli materi desain selanjutnya dilakukan uji coba lapangan untuk mengetahui apakah produk yang dikembangkan layak untuk digunakan atau tidak. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket lembar observasi dan tes. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang valid dan dapat digunakan. Persentase hasil validasi ahli materi terhadap buku siswa sebesar 92% dan buku guru 97%. Sedangkan persentase hasil validasi ahli desain pada buku siswa sebesar 89% dan buku guru 88%. Keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93%. Kepraktisan produk yang dikembangkan berdasarkan uji coba kelompok kecil yaitu 99%. Sedangkan keefektifan produk uji coba lapangan diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa sebesar 94%. Keefektifan sebelum menggunakan produk yang dikembangkan menunjukan nilai rata-rata siswa 61.6 dan sesudah menggunakan produk nilai rata-rata siswa secara klasikal meningkat menjadi 86.84. Hasil Paired Sample Test menunjukan angka 0 000 le 0 005. Artinya bahwa hipotesis telah diterima dan hasil uji t menggunakan paired sample test ini adalah Hipotesis H2. Nilai signifikansi dalam uji t menunjukkan bahwa terjadi perubahan nilai ketika pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal Kabupaten Maluku Barat Daya. Berdasarkan keseluruhan uji coba lapangan maka dapat dikatakan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi tingkat kevalidan keefektifan dan kepraktisan untuk digunakan sebagai sumber belajar di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192460

Actions (login required)

View Item View Item