kemandirian belajar siswa dan partisipasi orang tua dalam pembelajaran matematika secara daring siswa kelas 6 sdn oro-oro ombo kulon ii kec. rembang / diyana fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

kemandirian belajar siswa dan partisipasi orang tua dalam pembelajaran matematika secara daring siswa kelas 6 sdn oro-oro ombo kulon ii kec. rembang / diyana fitriyah

Fitriyah, Diyana Fitriyah (2021) kemandirian belajar siswa dan partisipasi orang tua dalam pembelajaran matematika secara daring siswa kelas 6 sdn oro-oro ombo kulon ii kec. rembang / diyana fitriyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dari rumah adalah suatu cara dalam memenuhi hak anak untuk memperoleh pendidikan di masa pandemi. Proses pembelajaran dari rumah dilakukan tanpa ada tuntutan untuk menyelesaikan capaian kurikulum agar siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Pembelajaran yang dapat dilakukan dari rumah yaitu pembelajaran daring. Salah satu pelajaran yang dibelajarkan secara daring yaitu matematika. Untuk memberikan pembelajaran matematika yang menarik dan bermakna secara daring dibutuhkan beberapa platform sebagai media untuk berkomunikasi dengan siswa. Beberapa platform yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika secara daring yaitu google classroom google form google meet live worksheet padlet quizizz serta youtube. Pemanfaatan platform sebagai media dalam proses pembelajaran diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna serta menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar siswa akan lebih maksimal saat didampingi dengan keterlibatan orang tua dalam memonitoring anak dalam belajar serta memberikan fasititas yang dibutuhkan anak. Jika terdapat kolaborasi antara siswa dan orang tua saat pembelajaran daring akan membuat pembelajaran daring semakin efektif. Berlandaskan hal tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa dan keterlibatan orang tua dalam melakukan pembelajaran matematika secara daring. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metode deskriptif dengan menjadikan siswa dan wali murid sebagai subjek penelitian. Instrumen yang dimanfaatkan untuk memperoleh data penelitian yaitu catatan observasi vi wawancara serta angket. Analisis data yang diterapkan untuk menganalisis data yang terkumpul yaitu analisis data persentase. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Guru memanfaatkan 6 platform dalam pembelajaran matematika secara daring. 6 platform tersebut yaitu (1) youtube digunakan untuk upload video pengajaran agar dapatdilihat oleh siswa (2) google form digunakan untuk penilaian pembelajaran siswa (3) google classroom digunakan untuk kelas maya yang berfungsi untuk mengirim tugas mengirim materi ataupun link youtube dan melakukan penilaian (4) padlet digunakan untuk majalah dinding online yang memungkinkan siswa saling melihat tugas temannya tentang benda disekitar yang berbentuk lingkaran (5) live worksheet digunakan untuk membuat lembar kerja siswa secaraonline sehingga tampilannya lebih menarik (6) quizizz digunakan untuk latihan soal secara online dengan tampilan seperti game serta (7) google meet digunakan untuk virtual meeting dengan siswa Penggunaan platform tersebut dimaksudkan untuk membuat pembelajaran menjadi efektif dan menarik sehingga dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar dari rumah meskipun tanpa didampingi guru.untuk melakukan refleksi materi serta menjalin komunikasi dengan siswa. Hasil angket tingkat kemandirian siswa dalam pembelajaran daring menggunakan google form dengan 8 indikator penilaian menunjukkan hasil persentase 62% dengan tingkat keberhasilan cukup yang artinya siswa cukup mandiri dalam pembelajaran matematika daring menggunakan pendekatan RME dengan media pop-up. Hasil angket tingkat partisipasi orang tua terhadap pembelajaran matematika berbantuan pop-up secara daring memperoleh persentase 71% dengan kriteria kualitatif baik yang artinya orang tua berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran siswa secara daring. Kesimpulan dari hasil data penelitian ini yaitu pembelajaran matematika secara daring dapat dilakukan dengan menggunakan platform padlet google classroom google meet google form live worksheet youtube serta quizizz. Pembelajaran menumbuhkan kemandirian siswa dalam belajar dengan kategori cukup. Orang tua juga terlibat langsung dalam pembelajaran daring dengan kategori baik. Kolaborasi dalam pembelajaran antara siswa dan orang tua tersebut membuat pembelajaran menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192459

Actions (login required)

View Item View Item