pengembangan buku ajar tematik berbasis nilai karakter bertema kearifan lokal kabupaten tulungagung untuk siswa kelas iv sekolah dasar / yurita tri wandari - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan buku ajar tematik berbasis nilai karakter bertema kearifan lokal kabupaten tulungagung untuk siswa kelas iv sekolah dasar / yurita tri wandari

Wandari, Yurita Tri Wandari (2021) pengembangan buku ajar tematik berbasis nilai karakter bertema kearifan lokal kabupaten tulungagung untuk siswa kelas iv sekolah dasar / yurita tri wandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wandari Yurita Tri. 2020. Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Nilai Karakter Bertema Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. A Rosyid Al Atok M.Pd M.H. (2) Dr. Sri Untari M.Si. Kata Kunci Buku ajar nilai karakter kearifan lokal Kabupaten Tulungagung. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa baik intelektual moral maupun sosial serta membentuk karakter yang bermartabat. Tujuan pendidikan dapat tercapai salah satunya dengan cara menerapkan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang bermuatan nilai karakter membantu siswa untuk memperoleh kemampuan kognitif dan afektif dengan seimbang. Selain memahami kompetensi yang ditargetkan siswa dapat belajar dan mengaplikasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran berbasis karakter yaitu dengan mengembangkan buku ajar. Buku ajar dirancang dengan kegiatan pembelajaran dan muatan materi terintegrasi nilai-nilai karakter sehingga dapat membantu memfasilitasi pelaksanaan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar tematik berbasis nilai karakter tema kearifan lokal Kabupaten Tulungagung untuk siswa kelas IV SD yang valid menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu Analyze (analisis) Design (desain) Development (pengembangan) Implementation (implementasi) Evaluation (evaluasi). Subyek penelitian meliputi 22 siswa kelas IV SDN 1 Karangrejo. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian dari angket validasi ahli angket respon siswa dan respon guru hasil tes dan angket penilaian karakter. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan responden berupa saran dan kritik. Hasil uji kevalidan oleh ahli bahan ajar ahli bahasa dan ahli materi diperoleh rata-rata skor kevalidan sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kemenarikan uji kelompok kecil dan uji coba lapang diperoleh rata-rata skor sebesar 91 6% dengan kriteria sangat menarik. Hasil uji keefektifan diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa. Analisis data menggunakan uji paired samples T test diperoleh nilai probabilitas sebesar 0 000. Dikarenakan nilai 0 000 lt 0 05 maka terdapat pebedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest sehingga buku yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Keefektifan produk juga didukung berdasarkan hasil analisis implementasi PPK oleh guru dan siswa diperoleh skor sebesar 79%. Hal tersebut membuktikan buku yang dikembangkan efektif dan berhasil digunakan dalam pemebelajaran dengan berbasis karakter. Berdasarkan hasil tersebut buku ajar tematik berbasis nilai karakter ini layak digunakan karena sudah memenuhi kriteria valid menarik dan efekktif. Saran untuk pengguna buku ajar ini yaitu buku ini dapat digunakan sebagai buku pendamping pembelajaran tematik kelas IV SD sesuai dengan lingkungan siswa. bagi pengembang selanjutnya dapat mengembangkan buku ajar serupa dengan konsep dan materi yang berbeda serta dapat dikembangkan menjadi bahan ajar berbasis multimedia lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192455

Actions (login required)

View Item View Item