Pengembangan model pembelajaran quantum learning berbasis media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) / Muhammad Tantowi Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran quantum learning berbasis media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) / Muhammad Tantowi Hidayat

Hidayat, Muhammad Tantowi (2020) Pengembangan model pembelajaran quantum learning berbasis media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) / Muhammad Tantowi Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat M. Tantowi. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn). Tesis. Program Studi S-2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sukowiyono S.H. M.Hum. (II) Dr. Nur Wahyu Rochmadi M.Pd M.Si. Kata Kunci Quantum Learning Media Puzzle Hasil Belajar Siswa Proses belajar mengajar yang monoton tanpa adanya inovasi pada pembelajaran memberikan dampak pada kualitas pembelajaran didalam kelas. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di lapangan ditemukan bahwa hasil belajar siswa rendah disebabkan minat belajar siswa kurang terlihat pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran sebagian siswa hanya bermain dan tidak fokus dalam kegiatan belajar mengajar. Permasalahan yang dihadapi guru tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik. Pembelajaran yang inovatif mampu menciptakan proses belajar mengajar yang dapat memicu minat belajar siswa sehingga berdampak pada hasil belajar menjadi semakin meningkat. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPkn yang mencakup kriteria layak digunakan dan efektif digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan 4-D (Four D). tahapan pada metode pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama meliputi Define Design Develop dan Disseminate. Hasil analisis pada penelitian pengembangan model pembelajaran ini dinyatakan valid praktis serta meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil kevalidan diperoleh dengan akumulasi skor 98 8 untuk validitas sintaks 98 07 untuk kelayakan model pembelajaran 77 5 untuk materi 86 11 untuk validasi angket kepraktisan (respon guru) 79 68 untuk RPP. Kepraktisan model melalui rerata akumulasi skor angket siswa yakni 80 85. Hasil belajar siswa pada uji coba tahap awal pre-test dengan nilai rata-rata 68 menjadi 78 6 pada tahap post-test. Produk dapat disebarluaskan melalui jurnal penelitian. Penyebaran melalui jurnal penelitian bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru dan instansi pendidikan lainnya tentang pengembangan dan pemanfaatan buku pedoman model pembelajaran Quantum Learning berbasis media puzzel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192450

Actions (login required)

View Item View Item