Peningkatan keterampilan sosial peserta didik melalui model pembelajaran time token dengan media puzzle pada pembelajaran PPKn kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad / Novia Septi Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan sosial peserta didik melalui model pembelajaran time token dengan media puzzle pada pembelajaran PPKn kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad / Novia Septi Anggraini

Anggraini, Novia Septi (2020) Peningkatan keterampilan sosial peserta didik melalui model pembelajaran time token dengan media puzzle pada pembelajaran PPKn kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad / Novia Septi Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan sosial merupakan keterampilan yang dimiliki oleh setiap individu dalam melalukan interaksi bekerjasama dengan orang lain. Keterampilan sosial memiliki aspek yaitu kerjasama ketegasan empati tanggung jawab dan kontrol diri. Model dan media pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan keterampilan sosial diperlukan model dan media yang dapat menciptakan suasana belajar yang dapat mengajak peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik melalui model pembelajaran time token dengan media puzzle pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah a) bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran time token dengan media puzzle pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad b) apakah model pembelajaran time token dengan media puzzle pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas VIII SMP Islam Sabilurriosyad. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas berfokus pada upaya mengubah kondisi awal yang ada ke arah kondisi yang diharapkan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Islam Sabilurrosyad. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Berdasarkan kendala-kendala yang dimiliki oleh peserta didik peneliti meningkatkan keterampilan sosial peserta didik melalui model pembelajaran time token dengan media puzzle pada pembelajaran PPKn. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran time token dengan media puzzle yang dilakukan oleh pendidik yaitu 85 3% sedangkan keterlaksanaan model pembelajaran time token dengan media puzzle yang dilakukan oleh peserta didik yaitu 81 67%. Hasil observasi keterampilan sosial peserta didik pada kondisi awal yaitu 45 14% setelah diterapkan model pembelajaran time token dengan media puzzle pada siklus I menjadi 65 50%. Namun jika disesuaikan dengan kriteri keberhasilan peserta didik sebesar 75% maka termasuk belum berhasil sehingga diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II keterlaksanaan model pembelajaran time token dengan media puzzle oleh pendidik menjadi 89 67% sedangkan keterlaksanan oleh peserta didik juga meningkat menjadi 88 34%. Keterampilan sosial pesera didik pada siklus II juga meningkat menjadi 79 96% dan termasuk dala kategori berhasil sehingga siklus dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192448

Actions (login required)

View Item View Item