Kajian praktik sistem among sanggar anak alam nitiprayan Yogyakarta / Habibah Pidi Rohmatu - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian praktik sistem among sanggar anak alam nitiprayan Yogyakarta / Habibah Pidi Rohmatu

Rohmatu, Habibah Pidi (2020) Kajian praktik sistem among sanggar anak alam nitiprayan Yogyakarta / Habibah Pidi Rohmatu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini didasarkan pada fenomena pendidikan jiwa merdeka yang menjadi komponen utama penyelenggaraan sistem pendidikan. Pendidikan jiwa merdeka sejalan dengan tujuan pendidikan Sistem Among yaitu kemerdekaan cipta rasa dan karsa manusia sesuai dengan kodratnya. Menurut Ki Hadjar Dewantara setiap anak memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda sesuai dengan kodrat alamnya. Oleh sebab itu input pendidikan tidak boleh diseragamkan karena setiap anak memiliki autentisitas baik dalam pengetahuan pengalaman cara belajar pertumbuhan fisik dan perkembangan emosi. Sedangkan Standar Nasional Pendidikan melalui sistem kredit mata pelajaran menyeragamkan anak dalam skala nasional. Penyeragaman tersebut membuat daya cipta rasa dan karsa anak menjadi sama. Fenome tersebut membuat praktisi pendidikan nonformal mengadopsi kembali Sistem Among sebagai sistem pendidika. Salah satu sekolah beridiologis adalah Sanggar Anak Alam yang berhasil menghidupkan kembali Sistem Among dengan modifikasi sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak. Fokus penelitian untuk mengungkapkan (1) dasar pemikiran Sanggar Anak Alam menggunakan Sistem Among sebagai sistem pendidikan (2) perencanaan pelaksanaan Sistem Among (3) Garis Besar Proses Belajar yang digunakan dalam sistem pendidikan Sanggar Anak Alam dan (4) pelaksanaan Sistem Among dalam praktik pendidikan Sanggar Anak Alam Nitiprayan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian adalah Sanggar Anak Alam Nitiprayan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi dari sumber data peristiwa keterangan narasumber dan dokumen terkait fokus penelitian. Peneliti mempersiapkan data untuk dianalisis dengan melakukan koding data berdasarkan tema-tema atau deskripsi kemudian menghubungkan tema-tema atau deskripsi serta menginterpretasi tema-tema atau deskripsi. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan bahan referensi untuk pengechekan keabsahan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan sebagai berikut (1) dasar pemikiran pendiri Sanggar Anak Alam memilih Sistem Among didasarkan pada tiga aspek yaitu aspek sosial-budaya ekonomi dan politik hukum pendidikan. (2) perencanaan pelaksanaan Sistem Among dilaksanakan melalui kegiatan orientasi dan inisiasi orang tua siswa baru lokakarya serta kamisan fasilitator sebagai metode perencanaan hadap masalah. (3) Garis besar proses belajar yang disusun untuk pelaksanaan Sistem Among adalah kerangka dasar yang digunakan untuk mengembangkan rencana belajar dengan berpedoman pada peristiwa nyata. Metode belajar yang digunakan adalah daur belajar. (4) pelaksanaan Sistem Among dalam praktik pendidikan terdiri dari program belajar utama berupa riset home visit dan parents visit. Kegiatan pendukung lainnya berupa pasar Senin Legi pasar ekspresi dan Organisasi Anak Salam. Evaluasi hasil belajar disusun dengan meniadakan penilaian berupa angka-angka. Kegiatan belajar ditunjang dengan pembangunan ekosistem yang sehat dengan meniadakan hukuman paksaan dan peraturan. Saran diberikan agar paradigma perencanaan dan pelaksanaan Sistem Among dapat dikembangkan secara luas dan berdampak tidak hanya di daerah Nitiprayan serta lebih terstruktur melalui tertib administrasi yang harus dilakukan oleh pengelola.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192447

Actions (login required)

View Item View Item