Alallah, Muhammad Arif Alallah (2021) Kesesuaian kompetensi desain permodelan dan informasi bangunan, berpikir kreatif terhadap kompetensi desain arsitektur dan kebutuhan du/di / MUHAMMAD ARIF ALALLAH. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alallah Muhammad Arif. 2020. Kesesuaian Kompetensi Desain Permodelan dan Informasi Bangunan Berpikir Kreatif terhadap Kompetensi Desain Arsitektur dan Kebutuhan DU/DI. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Isnandar S.T. M.Pd (II) Dr. H. Eddy Sutadji S.T. M.Pd. Kata Kunci DPIB Berfikir Kreatif Desain Arsitektur dan Kebutuhan DU/DI Kemitraan antara sekolah dan dunia kerja dapat menunjang proses pembelajaran yang efektif dimana akan memuaskan dunia industri sekolah dan siswa. Pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan dunia kerja dapat dicapai dengan melibatkan dunia kerja pada pembelajaran. Namun demikian implementasinya belum sepenuhnya berjalan dengan baik yang sejalan dengan kebijakan link and match secara telektual. Sehubungan dengan hal tersebut fungsi dan tujuan pendidikan nasional harus diselenggarakan secara sistematis dalam setiap jenjang termasuk SMK. Selain itu juga berkaitan dengan kompetensi perserta didik mengenai keahlian yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kesesuaian kompetensi desain permodelan dan informasi bangunan berpikir kreatif terhadap kompetensi desain arsitektur dan kebutuhan DU/DI. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif yang menggunakan dua variabel bebas yaitu kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan berfikir kreatif dan satu variabel terikat yaitu kebutuhan DU/DI. Populasi dari penelitian yaitu berjumlah 176. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dilanjutkan menggunakan teknik yang digunakan adalahpurposive sampling yang dipakai keseluruhan dan dikurangi dengan uji coba menjadi 146. Instrumen untuk desain permodelan dan informasi bangunan menggunakan dokumentasi yang diambil pada mata pelajaran C3 dan untuk berfikir kreatif kompetensi drafter arsitektur dan kebutuhan DU/DI menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji f statistic uji t statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada kesesuaian antara kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan terhadap kompetensi drafter arsitektur (2) Ada kesesuaian antara berpikir kreatif terhadap kompetensi drafter arsitektur (3) Ada kesesuaian antara kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan dan berpikir kreatif terhadap kompetensi drafter arsitektur (4) Ada kesesuaian antara kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan terhadap kebutuhan DU/DI (5) Ada kesesuaian antara berpikir kreatif terhadap kebutuhan DU/DI (6) Ada kesesuaian antara kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan dan berpikir kreatif melalui kompetensi drafter arsitektur terhadap kebutuhan DU/DI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/192441 |
Actions (login required)
View Item |