Pengembangan modul elektronik ekosistem dan pencemaran air di sungai brantas berbasis problem-based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan kemampuan kognitif siswa / Rina Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik ekosistem dan pencemaran air di sungai brantas berbasis problem-based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan kemampuan kognitif siswa / Rina Wahyuningsih

Wahyuningsih, Rina Wahyuningsih (2021) Pengembangan modul elektronik ekosistem dan pencemaran air di sungai brantas berbasis problem-based learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sikap lingkungan, dan kemampuan kognitif siswa / Rina Wahyuningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan lingkungan menjadi salah satu topik utama pada abad ke-21. Abad ke-21 membutuhkan keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan untuk keberlangsungan pelestarian lingkungan. Permasalahan lingkungan yang terjadi diantaranya disebabkan oleh gaya hidup manusia dan kegiatan industri oleh karena itu perlu pengembangan keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan dalam individu salah satunya melalui pendidikan. Dibutuhkan bahan ajar dan strategi pembelajaran inovatif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan siswa di Kota Malang masuk dalam kategori rendah. Permasalahan lingkungan di sekitar siswa belum dijadikan isu dalam pembelajaran daring serta belum mengarahkan siswa untuk keterampilan berpikir kritis. Modul elektronik ekosistem dan pencemaran air Sungai Brantas sebagai isu dalam pembelajaran berbasis masalah diharapkan menjadi alternatif solusi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap lingkungan dan kemampuan kognitif dengan menonjolkan permasalahan lingkungan di sekitar siswa. Modul elektronik juga menjawab kebutuhan bahan ajar yang kontekstual di masa pandemi Covid-19 dalam pembelajaran jarak jauh untuk mencapai hasil belajar sesuai tuntutan KD. Konten modul disusun berdasarkan hasil penelitian di Sungai Brantas serta penentuan kualitas air berdasarkan parameter fisik kimia dan biologi (makrozoobentos). Data kualitas air disajikan dari hulu sampai hilir Sungai Brantas di Kota Malang sehingga memberikan gambaran pencemaran yang terjadi serta faktor yang mempengaruhinya. Modul elektronik disusun sesuai tahap PBL. Pembelajaran berbasis masalah menuntut siswa untuk berdiskusi berkomunikasi berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah dan memberikan solusi. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan modul elektronik yang valid dan praktis (2) menguji keefektifan modul elektronik terhadap keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan kemampuan kognitif siswa. Pengembangan modul menggunakan model Lee dan Owens yang terdiri atas tahapan menganalisis (analyze) merancang (design) mengembangkan (develop) mengimplementasikan (implement) dan mengevaluasi (evaluate). Validitas modul dilihat berdasarkan validasi ahli materi dan ahli bahan ajar. Kepraktisan modul dilihat dari angket tanggapan siswa. Keefektifan modul terhadap keterampilan berpikir kritis sikap lingkungan dan hasil belajar dilihat dari implementasi kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design dengan uji ANCOVA. Hasil penelitian ini adalah (1) kualitas air Sungai Brantas berada pada kategori kotor sampai dengan sangat kotor (2) modul elektronik ekosistem dan pencemaran air yang dikembangkan telah valid dan praktis (3) pembelajaran menggunakan modul elektronik ekosistem dan pencemaran air di Sungai Brantas lebih baik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa dibandingkan dengan buku teks sementara itu pembelajaran menggunakan buku teks lebih baik dalam mengembangkan sikap lingkungan daripada modul elektronik ekosistem dan pencemaran air di Sungai Brantas. Berdasarkan hasil penelitian modul elektronik ekosistem dan pencemaran air di Sungai Brantas dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa selain itu perlu adanya tambahan konten tentang masalah lingkungan secara umum tidak hanya terpaku pada pencemaran air untuk mengembangkan sikap lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192436

Actions (login required)

View Item View Item