Pengembangan modul elektronik berbasis model problem based learning berdasarkan penelitian keanekaragaman tumbuhan obat di taman nasional baluran dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sman 1 wongsorejo / Ogy Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis model problem based learning berdasarkan penelitian keanekaragaman tumbuhan obat di taman nasional baluran dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sman 1 wongsorejo / Ogy Pratama

Pratama, Ogy Pratama (2021) Pengembangan modul elektronik berbasis model problem based learning berdasarkan penelitian keanekaragaman tumbuhan obat di taman nasional baluran dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik sman 1 wongsorejo / Ogy Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad ke-21 dimana era revolusi industri berkembang begitu pesat membuat teknologi dan pendidikan menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan TIK yang begitu pesat telah merubah wajah dunia termasuk di dunia pendidikan. Eksistensi TIK tidak mungkin untuk dihindari sehingga langkah strategis yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkannya dalam mendukung proses pembelajaran. Selain itu peserta didik pada abad ke-21 dituntut untuk memiliki keterampilan agar dapat menghadapi berbagai tantangan dan mampu bersaing di kemudian hari. Keterampilan yang dibutuhkan seperti keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Keterampilan peserta didik dapat dikembangkan dengan baik melalui proses pembelajaran. Beberapa penelitian menunjukkan masih rendahnya keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang dimiliki peserta didik. Hal ini disebabkan oleh belum diterapkannya proses pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kedua keterampilan tersebut. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan bahan ajar berupa modul elektronik ekosistem berbasis PBL dan potensi lokal tumbuhan obat TN. Baluran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tingkat validitas modul elektronik ekosistem berbasis PBL berdasarkan hasil penelitian keanekaragaman tumbuhan obat di TN Baluran berdasarkan validasi ahli materi dan bahan ajar (2) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keterbacaan modul yang dikembangkan berdasarkan hasil angket respon praktisi lapangan dan peserta didik (3) Untuk mengetahui pengaruh yang dikembangkan terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar berupa modul ekosistem berbasis PBL berdasarkan tumbuhan obat yang berada di Blok Curah Jarak TN. Baluran. Desain implementasi yang digunakan one group Pretest-Posttest Design. Hasil pretest dan posttest yang diperoleh dianalisis menggunakan uji paired sample t test dengan syarat data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan modul yang dikembangkan valid praktis dan terbaca sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pretest dan Posttest peserta didik pada keterampilan berpikir kritis dan pemecahan meningkat sebesar 38 50% dan 37 92%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen serta terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192435

Actions (login required)

View Item View Item