Pemosisian siswa selama kegiatan diskusi ditinjau dari kemampuan bertanya pada materi rasio Trigonometri. / Umi Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemosisian siswa selama kegiatan diskusi ditinjau dari kemampuan bertanya pada materi rasio Trigonometri. / Umi Faizah

Faizah, Umi (2021) Pemosisian siswa selama kegiatan diskusi ditinjau dari kemampuan bertanya pada materi rasio Trigonometri. / Umi Faizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faizah Umi 2021. Pemosisian Siswa Selama Kegiatan Diskusi Ditinjau dari Kemampuan Bertanya Pada Materi Rasio Trigonometri. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Subanji M.Si (2) Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci diskusi kelompok pola pemosisian perpindahan posisi kemampuan bertanya rasio trigonometri. Diskusi kelompok merupakan salah satu bagian kegiatan pembelajaran yang hampir ada di setiap model pembelajaran begitu pula dengan kemampuan bertanya penting dimiliki untuk mengembangkan percakapan yang produktif dan untuk mengembangkankan siswa berfikir matematis. Melalui penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana cara siswa memosisikan diri ketika mereka bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan baik dari pola pemosisian perpindahan posisi dan kemampuan bertanya. Akan dilihat pula perpindahan posisi yang dilakukan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kerja kelompok dapat memungkinkan terjadinya penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MA Miftahul Huda Mojosari Kepanjen kabupaten Malang pada tahun pelajaran 2020/2021 di awal semester genap. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas X yang terbagi menjadi lima kelompok dengan masing-masing anggota terdiri dari 1 posisi ahli 2 posisi pemula dan 1 fasilitator. Dari lima kelompok yang ada diambil 2 kelompok secara acak untuk diamati dan dianalisis. Teknik pengumpulan data dimulai dari pemberian soal rasio trigonometri pada pertemuan pertama untuk mengukur kemampuan subjek dengan tujuan menentukan posisi ahli pemula dan fasilitator pada kegiatan diskusi 1 dan kegiatan diskusi 2 pada pertemuan 2 dan pertemuan 3 untuk menyelesaikan soal-soal adaptasi AKM rasio trigonometri. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri tugas berupa masalah adaptasi AKM rasio trigonometri dan tiga kamera video untuk mengamati aktivitas diskusi dengan satu kamera diarahkan pada seluruh aktivitas kelas dan dua kamera mengarah pada masing-masing kelompok yang diamati. Semua pergerakan kelompok baik berupa percakapan atau tindakan peneliti transkip dan urai serta kodekan. Selanjutnya diklasifikasikan dan diprosentase untuk mendapatkan hasil analisis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwasannya pemosisian yang terjadi selama kerja kelompok dalam menyelesaikan soal-soal adaptasi AKM rasio trigonometri tidak ada satupun siswa yang diposisikan secara konsisten baik sebagai ahli pemula atau fasilitator. Mereka memosisikan diri dan diposisikan secara alami melalui pemosisian interaktif. Perubahan posisi saat melakukan negosiasi produk tugas rasio trigonometri terjadi ketika ada siswa yang ingin memberikan informasi maka dia memosisikan diri sebagai ahli. Begitu pula saat ingin mencari informasi maka dia memosisikan diri sebagai pemula. Kedua kelompok dengan situasi berbeda menunjukkan cara siswa dalam melakukan pergerakan terkait dengan penalaran matematis mereka. Kemampuan bertanya siswa berdasar taksonomi Bloom saat diskusi 1 dan 2 ada perbedaan karena produk tugas pada diskusi 2 terselesaikan lebih cepat dan situasi juga mempengaruhi kondisi seseorang untuk mengajukan pertanyaan. Saat siswa mengajukan pertanyaan pada siswa yang lain akan terjadi pengaitan pengetahuan sebelum dan sesudahnya untuk mendapatkan strategi yang sesuai untuk mendapatkan keputusan. Dengan demikian secara tidak langsung pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada waktu melakukan negosiasi akan memunculkan terjadinya peluang penalaran matematis baik bagi si penanya atau penjawab. Berdasarkan temuan penelitian yang ada perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang bagaimana cara bekerja sama yang baik dalam kegiatan diskusi kelompok. Juga perlu dilakukan penelitian tindak lanjut mengenai pemosisian diskusi kelompok dengan memperhatikan karakeristik dan kondisi siswa saat ini dengan diawali tes dan wawancara pengukuran kemampuan subjek untuk menentukan posisi yang adil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192428

Actions (login required)

View Item View Item