Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi segitiga / Ana Siti Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi segitiga / Ana Siti Rosyidah

Rosyidah, Ana Siti (2021) Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi segitiga / Ana Siti Rosyidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika. Materi matematika dipahami dengan menggunakan penalaran sedangkan penalaran dilatih dengan belajar materi matematika. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah belajar untuk bernalar (mathematical reasoning) apabila siswa memiliki kemampuan penalaran yang rendah maka cenderung sulit dalam memahami konsep dan menyelesaikan masalah yang diberikan. Pemilihan masalah matematika berorientasi HOTS dianggap penting karena dalam kurikulum 2013 cara cara penilaiannya diadaptasi dari cara cara penilaian dengan tujuan mampu mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berorientasi HOTS pada materi segitiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa kelas IX H SMPN 1 Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tes dalam penelitian ini terdiri dari tiga soal uraian HOTS segitiga yang diberikan kepada 32 siswa kelas IX H SMPN 1 Madiun. Selanjutnya dipilih dua subjek pada masing-masing kategori yaitu kemampuan penalaran matematis tinggi sedang dan rendah untuk dilakukan wawancara dan analisis data.Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposeful sampling. Indikator kemampuan penalaran matematis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengajukan dugaan melakukan manipulasi matematika memberikan alasan atau bukti dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai kemampuan penalaran kategori tinggi menyelesaikan masalah HOTS segitigasecara lengkap dan memenuhi keempat indikator penalaran matematis mengajukan dugaan melakukan manipulasi matematika memberikan alasan atau bukti dan menarik kesimpulan. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori sedang menyelesaikan masalah kurang lengkap dan memenuhi dua dari empat indikator penalaran matematis mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis kategori rendah menyelesaikan masalahsecara tidak lengkap dan hanya memenuhi satu dari empat indikator penalaran matematis yakni mengajukan dugaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192427

Actions (login required)

View Item View Item