Pengembangan soal bertipe masalah untuk melatih hots siswa pada materi barisan dan deret / Rahma Dwi Kusuma Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal bertipe masalah untuk melatih hots siswa pada materi barisan dan deret / Rahma Dwi Kusuma Wati

Wati, Rahma Dwi Kusuma (2021) Pengembangan soal bertipe masalah untuk melatih hots siswa pada materi barisan dan deret / Rahma Dwi Kusuma Wati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan siswa untuk menghadapi tuntutan perkembangan zaman. Melalui pemecahan masalah yang dikembangkan selama kegiatan pembelajaran siswa dapat belajar serta memahami matematika. Siswa akan menjadi pemecah masalah yang baik apabila guru memberikan pembelajaran yang tepat termasuk dalam memberikan soal. Pada kenyataannya tugas atau soal yang diberikan guru belum tentu menjadi masalah bagi siswa. Dalam memecahkan masalah siswa melakukan identifikasi informasi yang diterima menganalisis dan mengevaluasi informasi tersebut serta mengkreasikan atau menciptakan ide atau gagasan baru berdasarkan pengetahuan yang telah mereka miliki. Kegiatan-kegiatan ini merupakan kegiatan berpikir tingkat tinggi. Penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) dalam pembelajaran termasuk melalui pengerjaan soal sangat dianjurkan. Fakta menunjukkan bahwa penerapan HOTS melalui pengerjaan soal mengalami berbagai kendala yang berasal dari siswa. Akibatnya guru masih memberikan soal pada level LOTS (Lower Order Thinking Skills). Salah satu materi yang diberikan guru pada level LOTS adalah barisan dan deret. Materi ini merupakan salah satu materi yang diberikan kepada siswa tingkat menengah pertama dan menengah atas. Tipe soal yang diberikan guru pada kedua tingkatan tersebut tidak jauh berbeda yakni bersifat rutin dan tidak mengembangkan HOTS siswa. Hal ini meunjukkan bahwa tidak adanya perubahan yang lebih baik pada keterampilan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal bertipe masalah untuk melatih HOTS siswa pada materi barisan dan deret yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dan menggunakan model pengembangan Plomp. Model ini terdiri atas tiga tahap yakni penelitian pendahuluan tahap prototipe dan tahap penilaian. Penelitian pendahuluan dilakukan dengan menganalisis soal yang diberikan oleh guru di sekolah dan meninjau literatur. Pada tahap prototipe dilakukan perancangan prototipe soal beserta rubrik penyekoran. Prototipe soal dan rubrik penyekoran kemudian divalidasi oleh dua validator. Pada tahap penilaian prototipe yang telah valid diujicobakan kepada sebelas siswa SMAN 1 Kepanjen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis oleh peneliti. Berdasarkan analisis data soal dan rubrik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata masing-masing adalah 3 31 dan 3 25. Soal yang dikembangkan juga memenuhi kriteria reliabel dengan koefisien reliabilitas . Berdasarkan analisis kevalidan butir soal diperoleh bahwa delapan dari sepuluh soal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Selain itu dari analisis kesulitan soal diperoleh kesimpulan bahwa tiga soal tergolong sulit empat soal tergolong sedang dan satu soal tergolong mudah. Dari analisis daya beda butir soal diperoleh lima soal dengan daya beda sangat baik dan tiga soal dengan daya beda baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192426

Actions (login required)

View Item View Item