Pengembangan buku cerita bergambar untuk menunjang penguatan pendidikan karakter di SMP / Maulina Ismayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita bergambar untuk menunjang penguatan pendidikan karakter di SMP / Maulina Ismayanti

Ismayanti, Maulina (2020) Pengembangan buku cerita bergambar untuk menunjang penguatan pendidikan karakter di SMP / Maulina Ismayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini berawal dari adanya fakta Indonesia berada pada peringkat 111 dari 189 negara dalam Indeks Pembangunan Manusia. Sehubungan dengan penurunan pembangunan manusia mengakibatkan berbagai permasalahan mulai dari hukum kekerasan kejahatan tawuran pergaulan bebas dan lain sebagainya. Sementara dalam data KPAI terkait kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak pada per 31 Agustus 2020 jumlah klaster pendidikan berada urutan pertama sebanyak 1451 pengaduan. Selain itu korban dan pelaku terbanyak diduduki pada tingkat SMP. Melihat kenyataan tersebut pemerintah memberikan suatu gerakan untuk memperkuat pendidikan karakter yaitu penguatan pendidikan karakter (PPK) yang memuat 5 nilai yaitu religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. Buku cerita bergambar salah satu solusi media pembelajaran yang mengalami kesulitan dalam menentukan strategi mengajar. Oleh karena itu peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar dengan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni menghasilkan produk yaitu buku cerita bergambar dengan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter yang praktis mudah dipahami dan menyenangkan sehingga mampu menumbuhkan sikap berkarakter. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Setyosari yakni (1) analisis kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembaangan produk (4) revisi produk awal dan (5) revisi produk akhir. Hasil dari penelitian dan pengembangan yakni sebuah produk buku cerita bergambar dalam bentuk 2 dimensi dengan format portrait. Buku memiliki ukuran 21cmx25cm dengan jumlah halaman sebanyak 72 halaman. Proses pembuatan menggunakan teknik manual dan digital. Kemudian produk di validasi oleh ahli materi ahli media dan uji pengguna terbatas (guru dan siswa) (1) hasil validasi ahli materi mencapai 92 5% yang berarti memenuhi kriteria sangat layak digunakan (2) hasil validasi ahli media mencapai 90 3% yang berarti memenuhi kriteria sangat layak digunakan (3) hasil validasi pengguna guru mencapai 89% yang berarti memenuhi kriteria sangat layak digunakan dan (4) hasil validasi pengguna kelompok kecil/siswa dari siswa SMP Putri Al-Irsyad Al Islamiyyah mencapai 81 29% yang berarti memenuhi kriteria sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi produk yang dikembangkan dapat disimpulkan bahwa produk buku cerita bergambar masuk dalam kriteria sangat layak digunakan. Buku cerita ini telah dinilai valid oleh para pakar khususnya ahli materi dan ahli media serta para praktisi khususnya guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192408

Actions (login required)

View Item View Item