Pola hubungan sosial yang membentuk pembelajaran teknik mural pada komunitas portal di Kota Malang / Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola hubungan sosial yang membentuk pembelajaran teknik mural pada komunitas portal di Kota Malang / Efendi

Efendi (2020) Pola hubungan sosial yang membentuk pembelajaran teknik mural pada komunitas portal di Kota Malang / Efendi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mural salah satu bentuk seni rupa yang tidak dibelajarkan di sekolah umum. Fungsinya menempati ruang-ruang sosial baik yang difungsikan sebagai ungkapan kritik sosial atau untuk elemen estetik. Di Malang terdapat komunitas yang memiliki aktivitas pada pembuatan mural yaitu komunitas yang bernama Poratal. Komunitas ini dibentuk tahun 2002 atas prakarsa oleh Aseb Wibi Efendi Yoyok Yoga Mahendra. Mereka adalah mahasiswa program studi pendidikan seni rupa Jurusan seni dan Desain Fakultas sastra Universitas negeri malang. Pertama kali komunitas ini aktif pada kegiatan sebagai perupa yang mengkondsentrasikan pada berbagai teknik. Dari berbagai konsentrasi berbagai aliran yang terikat secara sosial karena kebutuhan belajar atau eksplorasi mendalami kemampuan teknik. Semula aktivitas mahasiswa yang kemudian tergabung di Portal ini sering bersosialisasi di portal parkiran depan gedung E8 UM. Kelompok Portal semakain bersemangat berkarya pada iven-iven pameran seni rupa di luar kampus seperti Binel Jawa Timur (2005) dan pameran pekan komik Indonesia (2006) dan kegiatan-kegiatan yang bersifat pengembangan profesi yaitu ikut serta kompetisi mural. Salah satunya adalah mural untuk pertamakali di kerjakan adalah Iven lomba gor ken arok. Selaanjutnya mulai menerima order untuk membuat mural di berbagai tempat sekolah cafe dan tempat-tempat yang dipandang sebagai penguat identitas. Sehingga aspek artistinya yang terus menjadi sasaran untuk diperkuat. Komunitas ini tidak memiliki ikatan organisasi sehingga anggota dapat secara independen menentukan sikap keluar atau tetap bersama. Bahkan sejalan dengan berbagai akativitas yang terus dikerjakan juga memasukan anggota-anggota baru. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pola hubungan sosial yang membentuk teknik pembuatan mural di kota Malang. Peneliti tidak menempatkan topik kajian dengan kereteria popularitas atau prestasi estetik karya mural komunitas namun mengkaji pola sosial para anggota kebersamaan di antara mereka tentu akan terjadi kontak sosial yang meningkatkan kemampuan individu. Sehingga kontak hubungan sosial itu melahirkan pola pembelajaran yang bersifat sosial. Metode pengkajian ini menggunakan diskriptif kualitatif dengan mengutamakan data hasil wawancara observasi dan kajian dokumentasi. Keabsarahan data menggunakan trianggulasi teknik metode dan sumber. Analisis data menggunakan diskripsi verbal dan interpertasi. Hasil kajian ini adalah pola pembelajaran yang berpusat (1) peran individu dalam memperkaya teknik idividu yang lain. (2) ikatan sosial yang menjadi satu idividu perupa memiliki ikatan sosial yang erat (3) peran individu yang kuat akan mendapatkan prestis yang tinggi diantara anggota yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192407

Actions (login required)

View Item View Item