Pengaruh model blended learning dan gaya Kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PTK di iakn ambon / Christina Martha Wajabula - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model blended learning dan gaya Kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PTK di iakn ambon / Christina Martha Wajabula

Wajabula, Christina Martha (2021) Pengaruh model blended learning dan gaya Kognitif terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PTK di iakn ambon / Christina Martha Wajabula. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Matakuliah Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu matakuliah yang berperan penting untuk membantu pebelajar dalam menyusun proposalnya. Hasil proposal yang baik dan benar bisa tercapai bila konsep belajar pebelajar tentang cara merancang proposal itu sudah baik. Pemahaman konsep yang baik atau buruk selama proses pembelajaran memengaruhi hasil belajar pebelajar tersebut. Adapun faktor-faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar seseorang yaitu faktor dari dalam individu dan faktor dari luar. Faktor dari dalam yaitu karakteristik belajarnya dan faktor dari luar yaitu model pembelajaran yang dipakai seorang pembelajar. Model pembelajaran memberikan kemudahan bagi pebelajar menghasilkan belajar yang baik. Penggunaan model belajar yang sesuai juga dapat meningkatkan hasil belajar pebelajar bilamana dalam proses pembelajaran pembelajar memperhatikan perbedaan pebelajar atau karakteristik pebelajar. Gaya kognitif merupakan suatu karakteristik individu dalam proses memahami dan memecahkan sebuah masalah. Dengan memperhatikan model belajar serta gaya kognitif seorang pebelajar maka hasil belajarnya pun akan menjadi lebih baik. Kenyataan yang terjadi di lapangan rata-rata hasil belajar pebelajar dari matakuliah metodologi khususnya PTK masih belum maksimal. Pebelajar hanya sekadar menulis tanpa memahami apa yang dituliskannya. Ini berarti konsep pebelajar belum terbentuk dengan baik sehingga hasilnya juga belum maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah kegiatan yang mampu mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan menerapkan model blended learning enriched virtual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model blended learning enriched virtual dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matakuliah PTK mahasiswa IAKN Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design atau eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Rancangan desain penelitian ini memakai desain factorial 2x2. Kelas eksperimen akan diajar menggunakan model blended learning enriched virtual-Kelompok (BLEVA-Kelompok) sedangkan kelas control akan menggunakan model blended learning enriched virtual-Individual (BLEVA-Individual). Data yang didapatkan dari penelitian ini akan dianalisis menggunakan uji ANOVA-2 Jalan. Uji ANOVA-2 Jalan ini memakai SPSS 16.0. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan hasil sebagai berikut (1) Penerapan model blended learning enriched virtual-Kelompok (BLEVA-K) pada kelompok eksperimen memengaruhi hasil belajar PTK secara signifikan dibandingkan dengan kelompok control yang menggunakan model blended learning enriched virtual-Individual (BLEVA-I) (2) Tidak ada perbedaan hasil belajar matakuliah PTK yang signifikan antara pebelajar dengan gaya kognitif field independent dan pebelajar dengan gaya kognitif field dependent dan (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara model BLEVA-Kelompok dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matakuliah PTK. Artinya pengaruh penerapan model BLEVA-Kelompok terhadap hasil belajar tidak tergantung pada gaya kognitif pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192406

Actions (login required)

View Item View Item